Tingkatkan Imun Tubuh, Anggota TNI di Lokasi TMMD Reguler Pekalongan Berjemur

Pekalongan – Inilah cara anggota TNI dari kesatuan Yonif 405 Surya Kusuma, Wangon, Kabupaten Banyumas, dalam menyerap kekuatan alam yang gratis diberikan Tuhan YME, untuk meminimalisir dampak covid-19/virus corona, di lokasi TMMD Reguler 107 Kodim 0710 Pekalongan, Desa Pantirejo, Kecamatan Kesesi, Kabupaten Pekalongan, Jawa Tengah.

Dikatakan Komandan SST Satgas TMMD, Letda Infantri Suryono, bahwa bagi anggota Satgas yang kurang terpapar sinar matahari di sejumlah sasaran fisik TMMD Reguler, maka dirinya memerintahkan untuk berjemur.

“Kita jemur anggota yang tinggal dalam satu rumah keluarga asuh (masyarakat) dan satu pekerjaan, biar mereka sehat karena memiliki daya tahan tubuh yang baik,” ujarnya, Minggu (29/3/2020).

Dijelaskannya juga, kenapa cara berjemur mereka seperti itu, menurutnya untuk menghilangkan kejenuhan dan untuk dikirimkan fotonya kepada keluarga di asrama, bahwa selain kerja di sasaran fisik, itulah kegiatan olahraga tambahan mereka.

“Jika ada yang tertular virus corona, maka sudah tertular semua bersama keluarga asuh yang rumahnya mereka tempati. Kita yakin makanya yang satu rumah dan satu pekerjaan kita jemur bersama,” imbuhnya.

Selain itu, upaya lainnya adalah menginstruksikan mencuci tangan sesering mungkin dengan hand sanitizer atau sabun mandi di air mengalir selama minimal 20 detik, memakai masker, dan membersihkan lingkungan rumah keluarga asuhnya.

Dikutip dari World Health Organization (WHO), organisasi kesehatan dunia, yang menyebutkan bahwa suhu yang panas tetap bisa menularkan covid-19, karena belum ada penelitian yang menyebutkan virus akan mati di suhu yang panas. Namun, penerapan pola hidup sehat jelas sangat membantu mencegah pandemi tersebut.

Sehingga cara terbaik yang disarankan untuk mencegah penularan virus adalah dengan rajin mencuci tangan dengan alkohol atau cairan disinfektan.

Meski tidak terbukti mematikan virus Covid-19, tidak ada salahnya berjemur. Pasalnya, berjemur dapat meningkatkan sistem imunitas atau kekebalan tubuh sehingga mampu bekerja melawan virus di dalam tubuh. Jadi bukan sinar matahari yang dapat membunuh virus.

Disebutkan juga, virus covid-19 ketika masuk ke dalam tubuh akan menguasai sel RNA, sehingga jika imun tubuh bagus maka virus tersebut akan dilawan dan dimatikan dengan sendirinya.

Untuk itu orang yang terkena tidak akan menunjukkan gejala, hingga sembuh dengan sendirinya. Itu karena covid-19 juga termasuk self limiting disease, yakni bisa sembuh sendiri jika daya tahan tubuh orang bekerja baik.

Sharing is caring!