Melalui Pesta Siaga, Diharapkan Pramuka Menjadi Kader Pancasila dan Agen Perubahan Generasi Muda

PURBALINGGA – Gerakan Pramuka merupakan suatu lembaga pendidikan luar sekolah yang mempunyai tugas pokok membina generasi muda Indonesia agar menjadi kader pembangunan yang bermoral Pancasila dan ikut membangun masyarakat, bangsa dan negara.

Sebagai salah satu wahana pengembangan bagi para generasi muda Indonesia, Gerakan Pramuka memiliki peran penting dalam mewujudkan generasi yang tangguh, berbudi luhur dengan mengedepankan semangat persatuan dan kesatuan serta cinta tanah air yang lebih ditujukan pada setiap kegiatannya.

Melalui Gerakan Pramuka diharapkan dapat terbentuk manusia yang berkepribadian, memiliki mental dan moral yang baik, tinggi kecerdasannya, terampil, serta menjadi patriot pembangunan dan perekat persatuan bangsa.

Demikian disampaikan Dandim 0702/Purbalingga Letkol Inf Yudhi Novrizal S.I.P., M.Han dalam sambutannya saat menjadi Pembina Upacara pada Pembukaan Pesta Siaga Kwartir Cabang Kabupaten Purbalingga di lapangan Buper Munjuluhur Kecamatan Kutasari Sabtu, (29/02/2020).
.
“Jadilah garda terdepan insan pancasila dan pelaku perubahan karakter dan aktif menanamkan budaya disiplin disegala aktivitas sehari- hari,” tegasnya.

Sebagai salah satu pilar pendidikan kaum muda, Gerakan Pramuka dituntut untuk dapat memberikan kontribusi nyata dalam kehidupan terutama dalam menyelesaikan masalah kaum muda di tengah era globalisasi serta kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi. Karakter kaum muda harus dibangun melalui kegiatan kepramukaan yang asyik dan menyenangkan.

Pemerintah Kabupaten Purbalingga melalui Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Dinporapar) akan senantiasa terus berupaya memberikan ruang gerak pada kegiatan Pramuka, termasuk memfasilitasi dan mendukung kegiatan Kwarcab, serta ikut menata dan mengelola Kwarcab.

“Untuk itu anggota pramuka Kabupaten Purbalingga harus terus belajar dan berusaha meningkatkan kemampuan agar dapat mengikuti perkembangan teknologi dan berdiri sejajar dengan anggota pramuka lainnya untuk bisa maju dan bisa diperhitungkan baik di tingkat Kabupaten, Provinsi maupun Nasional ,”
pungkasnya.
(Pendim 0702/Purbalingga)

Sharing is caring!