Angin Kencang dan Hujan Deras Menerjang Wilayah Kecamatan Kemranjen Kabupaten Banyumas

Kemranjen. Hujan dan Angin merupakan berkah bagi mahluk hidup. Tidak ada Hujan, tidak ada Angin mustahil kehidupan itu dapat berlangsung dengan baik. Meskipun begitu, Hujan dan Angin dapat memiliki dampak kerusakan yang luar biasa bila datangnya secara tiba-tiba dengan kekuatan besar (shocking moment). Dan inilah yang disebut namanya ” Bencana Alam ” (Natural Disaster)

Di wilayah Kecamatan Kemranjen ada Lima Desa yang dilaporkan terdampak langsung adanya Angin Kencang dan Hujan Deras yang terjadi pada Sabtu, 01 Pebruari 2020, sekitar pukul 17.30 WIB. Desa tersebut meliputi : Desa Karangjati, Desa Kecila, Desa Kebarongan, Desa Alasmalang dan Desa Karanggintung. Berdasarkan data yang dihimpun dari petugas dilapangan (Babinsa, Babinkamtibmas, Tagana, BPBD, Pramuli dan Relawan), sebagian besar melaporkan adanya pohon tumbang, talut longsor dan atap rumah yang runtuh. Tidak ada korban jiwa yang dilaporkan, dan kerugian meteri masih dihitung sebagai dasar laporan ke dinas terkait.

Sedangkan warga Kecamatan Kemranjen yang mengalami dampak langsung dari Angin Kencang dan Hujan Deras ini diantaranya : 1. Suryanto, alamat Rt 1 Rw 7 Desa Karangjati. Atap Rumah runtuh.

  1. Untung, alamat Rt 2 Rw 3 Desa Karangjati. Pohon Mangga tumbang menimpa atap rumah.
  2. Paijo, alamat Rt 1 Rw 2 Desa Alasmalang. Pohon Pete tumbang menimpa atap rumah.
  3. Ustad Wauzan, alamat Rt 2 Rw 3 Desa Kebarongan. Atap rumah Tertimpa pohon jati.
  4. Sairan, alamat Rt 2 Rw 3 Desa Kecila. Pohon jati roboh menimpa atap rumah.
  5. Muklis Sodikin, alamat Rt 3 Rw 4 Desa Karanggintung. Pohon Jati Sabrang roboh menimpa atap rumah dan Warung.
  6. Muslih, alamat Rt 1 Rw 2 Desa Karanggintung. Pohon Jati Sabrang roboh menimpa Atap Teras Rumah. Selain itu di Desa Karanggintung juga dilaporkan ambrolnya Talut SDN 1 Karanggintung dan tumbangnya sejumlah Pohon Cengkeh.

Selain mendata jumlah warga yang terkena dampak langsung dari peristiwa tersebut, juga dilaksanakan kegiatan penanganan pasca kejadian, pada Hari Minggu 02 Pebruari 2020. Bentuk kegiatannya adalah pembersihan material tanah yang longsor menutupi jalan, penebangan pohon yang menimpa rumah warga dan pembersihan puing-puing rumah warga yang atapnya runtuh. Kegiatan ini juga melibatkan seluruh komponen, seperti : Para Babinsa dari Koramil 11 Kemranjen, Polsek Kemranjen, Taruna Tanggap Bencana (Tagana) Dinsos Banyumas, Pramuka Peduli Kwarran Kemranjen dan Kwarcab Banyumas, Satlinnas, serta Relawan dari Ormas.

H Adi Candra, selaku Koordinator Tim Tagana Kabupaten Banyumas yang bertugas di wilayah Kecamatan Kemranjen berpesan agar warga tetap hati-hati dan waspada. Mengingat curah hujan saat ini masih tinggi dan kategori lebat. Bila ada masyarakat yang membutuhkan bantuannya, pihaknya setiap saat siap untuk membantu. Dan Mas AC, panggilan akrabnya, juga berterima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung tugasnya mengevakuasi dampak dari kejadian tersebut (R.11/Kmj)

Sharing is caring!