Jalan Kepyar Terputus Babinsa Ikut Turun Tangan

PURBALINGGA__Bencana adalah peristiwa atau rangkaian peristiwa yang dapat mengancam dan mengganggu kehidupan serta penghidupan masyarakat yang disebabkan baik oleh faktor alam dan/atau faktor nonalam maupun faktor manusia sehingga mengakibatkan timbulnya korban jiwa manusia, kerusakan lingkungan, kerugian harta benda, dan dampak psikologis.

Definisi tersebut menyebutkan bahwa bencana disebabkan oleh faktor alam, non alam, dan manusia. Bencana alamĀ itu sendiri adalah bencana yang diakibatkan oleh peristiwa atau serangkaian peristiwa yang disebabkan oleh alam antara lain berupa gempa bumi, tsunami, gunung meletus, banjir, kekeringan, angin topan, dan tanah longsor.

Hal serupa juga terjadi di wilayah Kabupaten Purbalingga dimana adanya musim penghujan yang tinggi disertai angin kencang mengakibatkan beberapa bencana alam terjadi seperti yang terjadi di Dukuh Kepyar Kadus 4 RT 04 RW 04 Desa Ponjen Kecamatan Karanganyar, Kabupaten Purbalingga yaitu ruas jalan yang menghubungkan Ponjen dengan Dusun Kepyar terputus .(5/1/2020).

Mendapatkan informasi kejadian di wilayahnya Serka Ratman Babinsa Koramil 12 Kodim 0702/Purbalingga segera bergegas koordinasi dengan instansi terkait baik dengan Kades, Polsek,PMI maupun Tim SAR PRC dan BPBD untuk melaksanakan pengecekan dan assesment di lapangan.

Menurut Sertu Ratman,”Hujan yang terjadi cukup deras mengakibatkan Jalan Ponjen-Kepyar menjadi terputus karena tergerus oleh air, kemudian ada dua pohon yang posisinya terlihat condong dan berbahaya karena ada jaringan kabel listrik,” terangnya.

Babinsa Bersama dengan masyarakat dan tim perbantuan lainnya sekira pukul 20.30 WIB sebagai tindakan preventif mencegah bencana lainnya yang dapat timbul melaksanakan penebangan dua pohon kelapa yang dimungkinkan dapat ambruk dan menimpa jaringan Kabel listrik di bawahnya serta berkoordinasi dengan BPBD dan Pemerintah daerah untuk penanganan lebih lanjut esok. (Pendim 0702/Purbalingga)

Sharing is caring!