Jaga Suasana Hati dan Kesehatan Mental untuk Menunjang Tugas Pokok Satuan dengan Lari Aerobik

PURBALINGGA__Melakukan olah raga adalah kebiasaan yang penting dilakukan untuk menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan untuk mempertahankan berat badan normal. Menurut Centers for Disease Control and Prevention, olahraga memiliki berbagai manfaat untuk tubuh, seperti menurunkan risiko penyakit jantung, diabetes mellitus tipe 2, beberapa jenis kanker, meningkatkan kekuatan otot dan tulang, meningkatkan kesehatan mental dan menjaga suasana hati serta dapat menurunkan risiko mengalami depresi dan dapat pula memperlambat proses penuaan/degeneratif, karenanya anggota Kodim 0702/Purbalingga rutin melaksanakan kegiatan program pembinaan satuan setiap seminggu dua kali dengan melaksanakan lari aerobik seperti yang dilakukan pagi ini setelah melaksanakan apel pagi.(7/12/2020).

Olah raga aerobik yang selama ini diketahui oleh sebagian besar orang adalah olah raga yang diadakan di dalam ruangan dengan melakukan gerakan-gerakan senam, atau pun menggunakan alat-alat olah raga. Namun sebenarnya olah raga aerobik diartikan sebagai olah raga yang memerlukan banyak oksigen dan melibatkan banyak otot-otot besar. Olah raga tipe ini dilakukan dalam intensitas yang rendah dan dalam kurun waktu yang cukup lama.

Setiap melakukan aktivitas fisik, tubuh akan membentuk energi untuk dipakai sebagai energi. Ketika kita melakukan olah raga seperti lari aerobik, maka sebagian besar tubuh menggunakan glikogen atau gula otot dan cadangan lemak sebagai bahan dasar dari pembentukan energi. Olahraga jenis ini baik untuk menurunkan berat badan dan menjaga kesehatan jantung. Oleh karenanya olah raga aerobik sangat dianjurkan untuk dilakukan oleh orang yang memiliki berat badan berlebih. Dengan melakukan lari aerobik, kita juga dapat menurunkan kadar lemak dalam tubuh, menghindarkan kita untuk mengalami stress, serta dapat menurunkan berbagai risiko penyakit degeneratif.

Sebelum lari aerobic dilaksanakan sebagai pengecekan personel dan sarana penyampaian informasi terlebih dahulu dilaksanakan apel pagi yang diambil oleh Pasi Operasi Kapten Arm Mindoko.

Dalam pengarahan apel Pasi Operasi menyampaikan diantaranya,”Pentingnya menjaga kesehatan diri untuk tentunya dapat mendukung dan menunjang pelaksanaan tugas yang penuh dinamika di lapangan, dengan lari aerobik secara rutin badan kita akan sehat dan kuat sehingga semua tugas yang menjadi tanggung jawab kita dapat terlaksana dengan baik,”tegasnya.

Selanjutnya kegiatan diambil alih oleh Bati Operasi Pelda Nurmutaqin dengan diawali pengetesan denyut nadi memastikan kesehatan awal dilanjutkan senam pemanasan dan lari aerobik sejauh 5 KM dengan rute melintasi kota Purbalingga.
(Pendim 0702/Purbalingga)

Sharing is caring!