Jaga Kebugaran Fisik, Kodim Cilacap Gelar Jalan Santai dan Renang Sehat

Cilacap-Dalam rangka menjaga kesehatan dan kebugaran fisik prajurit, Kodim 0703 Cilacap menggelar kegiatan jalan santai yang mengambil titik star dan finish di halaman Makodim, Jln. Jenderal Sudirman, No.D-1 Cilacap. Adapun untuk renang sehat dilaksanakan di Kolam renang Sasana Tirta, Pertamina RU IV Cilacap, Rabu (29/1).

Sebelum pelaksanaan, para peserta yang terdiri dari prajurit baik itu Perwira, Bintara, dan Tamtama yang ada di lingkungan Makodim maupun Koramil jajaran itu melaksanakan prosedur tetap yaitu pengecekan kesehatan oleh Tim Kesehatan dari Rumkitban 04.0801 Cilacap. Hal ini dimaksudkan untuk mengantisipasi hal hal yang tidak diinginkan yang dapat terjadi pada para peserta, selain itu mereka wajib mengikuti pemanasan yang dipimpin Tim Jasmani Militer (Jasmil) Kodim untuk memghindari cedera.

Dalam kesempatan itu Kepala Staf (Kasdim) Mayor Inf Ahmad Rofik Alfian menuturkan, bahwa kegiatan yang dilakukan satuanya itu merupakan kebijakan Komando atas dalam hal ini Komandan Kodim 0703 Cilacap Letkol Inf Wahyo Yuniartoto terkait kesejahteraan dan moril bagi prajuritnya dengan menggelar program kreatif berupa pembinaan jasmani dengan olahraga bersama jalan santai sejauh kurang lebih 4 km dengan rute seputaran Kota Cilacap dan renang sehat untuk menunjang kesehatan dan kebugaran prajurit.

“Program tersebut tidak semata untuk menjaga kesehatan saja, tetapi lebih dari itu sebagai sarana hiburan atau refresing bagi personel Kodim yang notabene selalu bergulat dengan tugas kewilayahan. Tentunya kegiatan ini akan memberikan dampak psikologis yang signifikan bagi personel kita, karena dengan kondisi jasmani yang bugar dan jiwa yang sehat, maka akan meningkatkan kemampuan prajurit dalam menjalankan tugas yang semakin dinamis, sehingga apa yang menjadi sasaran pimpinan terkait pembinaan teritorial dapat tercapai dengan maksimal,” tuturnya.

Lanjut, dengan olah raga bersama yang dilakukan setidaknya 1 (satu) jam sebelum bekerja ini sangat efektif untuk meningkatkan kebugaran tubuh, selain itu kegiatan ini juga bertujuan untuk membangun kebersamaan antar pimpinan dan bawahan sehingga akan tercipta ikatan emosional yang mampu menciptakan keberhasilan dalam setiap tugas dilapangan, terang Kasdim.

Selain itu bertindak selaku Koordinator Umum, Pasiops Kapten Cba M. Isa Saefudin menghimbau kepada seluruh peserta agar selalu mengutamakan faktor keamanan baik sebelum, selama dan sesudah pelaksanaan kegiatan jalan santai dan renang sehat, dengan mematuhi dan mengikuti segala arahan dari tim yang sudah ditunjuk baik itu Tim Kesehatan, Tim Jasmani Militer (Jasmil) Kodim maupun Tim Pengamanan, agar apa yang menjadi sasaran dari kegiatan ini dapat tercapai dengan baik.

“Faktor keamanan adalah yang paling utama dalam setiap kegiatan, disamping itu program olahraga bersama ini merupakan sarana untuk refreshing bagi kita atau kesejahteraan moril kita, untuk itu lakukan dengan penuh riang gembira dan penuh semangat, ” harap Kapten Inf Isa.

Sharing is caring!