Badai Terjang Wilayah Kecamatan Kemranjen Bagian Utara

Banyumas – Angin kencang atau Badai berhembus di wilayah Kecamatan Kemranjen Kabupaten Banyumas pada Jum’at, 03 Januari 2020. Bencana alam ini mengawali catatan tahun 2020 untuk kejadian Bencana Alam di wilayah sentra Buah Durian ini. Tepatnya di Desa Karangsalam dan Desa Karanggintung.

Berdasarkan laporan dari Babinsa yang bertugas di desa tersebut (Sertu Topik, Sertu Syamsul) menyebutkan sedikirnya ada dua rumah penduduk yang mengalami kerusakan akibat tertimpa pohon. Dilaporkan juga ada kebakaran rumah di Desa Karangsalam. Kerugian ditaksir hingga pulahan juta rupiah. Dan sudah dilaporkan keberbagai pihak yang berwenang agar segera mendapat penanganan dan bantuan.

Pada kejadian ini yang rumahnya tertimpa pohon diantara rumah Bapak Mahmud, alamat Rt 5 Rw 5 Desa Karangsalam. Rumah Bapak Tarmin, alamat Rt 4 Rw 5 Desa Karanggintung. Sedangkan rumah yang terbakar milik Bapak Ahmad Afandi Woyo, alamat Rt 3 Rw 4 Desa Karangsalam. Pada Hari yang sama juga dilaporkan adanya orang jatuh dari Pohon Kelapa, atas nama Bapak Ngadino yang beralamat di Desa Karanggintung Rt 2 Rw 1, yang mengalami patah tulang paha dan sejumlah luka. Pada kejadian ini yang bersangkutan sudah mendapat penanganan dan perawatan.

Kesigapan dan Kesiapan para petugas yang terkait dalam penanganan kejadian dan peristiwa diatas berhak diacungi jempol. Hal ini bukan tanpa alasan dan pamrih, namun karena panggilan tugas dan keikhlasan membantu sesama sehingga kejadian tersebut dapat diatasi dengan cepat oleh para petugas dilapangan yang telah menjalankan Tugas Pokok dan Fungsinya dengan baik.

Tidak cukup dan berhenti disitu saja. Kegiatan lanjutan juga ada, seperti pendirian Posko Pengaduan Bencana Alam, mengkoordinir pihak yang memberi bantuan, membuat jaring komunikasi Radio HT dan mengobservasi tanda tanda alam untuk tindakan preventif sebelum terjadi peristiwa.

Memang, Bencana Alam tidak dapat diprediksi waktunya terjadi, karena ini sudah ketentuan dari Allah SWT, namun dapat diketahui tanda tandanya yang ditunjukkan oleh alam itu sendiri. Manusia hanya berusaha, tetap ingat Allah setiap waktu. Semoga kita mendapat perlindunganNya. Pendim Bms.

Sharing is caring!