Babinsa Sigap Bantu Atasi Bencana di Wilayahnya

PURBALINGGA__Selain Operasi Militer Perang (OMP) merujuk pada pasal 7 ayat 2 Undang-undang RI nomor 34 tahun 2004 tentang TNI, TNI juga mempunyai peran lain yaitu Tugas Operasi Militer Selain Perang (OMSP) diantaranya yakni melaksanakan perbantuan mengatasi bencana.

Hal ini selaras dengan apa yang dilakukan Sertu Suwarno Babinsa Koramil 06/Kemangkon Kodim 0702/Purbalingga untuk wilayah Desa Kemangkon yang dengan sigap mengatasi bencana alam di wilayahnya dari laporan mitra karib bahwa ada kejadian pohon tumbang menimpa teras rumah salah satu warganya an.Slamet (45) warga RT 2/RW 4 Kadus 2 Desa Kemangkon Kabupaten Purbalingga sekira pukul 11.45 WIB.(5/1/2020).

Kejadian dihari libur idealnya digunakan untuk istirahat bukanlah menjadi penghalang bagi seorang Babinsa karena bentuk tanggung jawab dan rasa memiliki wilayahnya membuat sertu Suwarno segera sigap bergegas untuk cek dan tentunya memberikan bantuan mengatasi kesulitan yang menimpa warganya.

Menurut Sertu Suwarno setelah cek langsung kejadian menyampaikan,”Kejadian bermula dari angin kencang yang menyisir salah satunya pohon besar yang berada di samping depan rumah Slamet sehingga mengakibatkan pohon tumbang dan menimpa terasnya. Beruntung pohon tumbang hanya menghancurkan terasnya, kerugian personil dilaporan nihil sedangkan kerugian material sementara hanya mengakibatkan teras rumah yang hancur,”Jelas Babinsa.

Tidak berselang lama emergency call dari mitra karibnya juga melaporkan sebuah kejadian adanya pohon yang juga tumbang namun kali ini melintang menghalangi akses jalan dari Desa Kemangkon arah Bandara JBS menuju Balai Desa Kemangkon ke arah Pubalingga.

“Sudah menjadi Tugas kami seorang Babinsa untuk dapat membantu mengatasi kesulitan warga di wilayah binaaanya,”Sambung Babinsa. (Pendim 0702/Purbalingga).

Sharing is caring!