Makin Meriah dengan Nyalira Busana Ngleluri Budaya pada Purbalingga Culture Vaganza 2019

PURBALINGGA__Sebuah Kolaborasi meriah nan unik kembali digelar di Kabupaten Purbalingga dengan mengambil tema Puspa Perwira, yaitu pawai budaya “Purbalingga Culture Vaganza 2019” kegiatan dipenghujung dalam rangkaian acara memeriahkan hari jadi Kabupaten Purbalingga ke-189 yang digelar di Jl.Protokol Kota Purbalingga dengan titik Start Jl. Jend. Soedirman Barat – Jl. Lingkar Utara Alun-alun Purbalingga – Jl. Jend. Soedirman Timur – Panggung Kehormatan Depan Bank Jateng yang sekaligus sebagai Finishnya, (28/12/2019).

Puspa Perwira merupakan lambang bahwa Indonesia pada umumnya dikenal sebagai salah satu Negara yang memiliki tanaman Nasional dan begitu banyaknya alam liar yang tersebar di Nusantara khususnya di Purbalingga meliputi spesias tumbuhan berbunga Dunia. Mengingat pentingnya kesadaran menjaga dan mencinta puspa selaras dengan tema kali ini “Obah bebarengan membangun Purbalingga Perwira Tercinta”.

Kegiatan ini luar biasa mendapatkan antusiasme masyarakat pasalnya berada diwaktu yang bisa dibilang cukup tepat dalam suasana libur sekolah dan weekend setelah Natal sehingga sekitar 12.000 lebih orang masyarakat Purbalingga terpantau tumpah ruah di sepanjang jalan yang dilalui rombongan pawai tersebut.

Rangkaian kegiatan pawai ini antara lain, dimulai pukul 08.40 WIB Purbalingga Culture Vaganza dengan rombongan terdepan adalah kelompok Forkopimda dengan menggunakan pakaian sarimbit, start dari Pendopo Dipokusumo Kabupaten Purbalingga, kemudian sekitar
pukul 09.20 WIB Bupati Purbalingga beserta Forkopimda sampai di panggung kehormatan di depan BPD (Bank Jateng).

Selanjutnya pada pukul 09.25 Wib panitia penyelenggara melaksanakan laporan kesiapan kegiatan yang disampaikan oleh Kepala BAPELITBANGDA Kabupaten Purbalingga Siswanto, S.Pt., M.Si kepada Bupati.

Kegiatan ini diikuti 120 kelompok peserta yang dibagi menjadi dua kategori yakni kelompok pawai budaya dan para bintang tamu yang masuk di kategori kelompok Purbalingga Culture Vaganza yang menggunakan kostum carnivalnya dengan bintang tamu kehormatan dari Banyuwangi Jawa Timur. Yang menarik pada penampilan undangan khusus dari SMK kali ini yakni 3 SMK mampu menyajikan busana bertema Puspa Perwira dengan rancangan sendiri dari siswa-siswa sekolah tersebut. Dengan 10 busana dari SMK N 1 Bukateja, 6 busana dari SMK N 1 Bojongsari dan 4 busana dari SMK N 1 Kaligondang. Dengan demikian harapannya kegiatan Purbalingga Culture Vaganza 2019 ini mampu melahirkan desainer-desainer muda berbakat dari siswa SMK.

Dan Peserta terakhir sebagai penutup dari Ponorogo Jawa Timur dengan Reog Ponorogonya.
(Pendim 0702/Purbalingga)

Sharing is caring!