Kodim 0702/Purbalingga Gelar Apel Danramil dan Babinsa Tersebar 2019

PURBALINGGA__Mengambil tempat di Aula Makodim 0702/Purbalingga seluruh Danramil dan Babinsa Kodim 0702/Purbalingga mendapatkan materi penyegaran sebagai Aparat Satuan Komando Kewilayahan (APKOWIL) dalam apel Danramil dan Babinsa tersebar 2019.Rabu(11/12/2019).

Pembinaan Teritorial / Binter adalah metode dan kegiatan serta kemampuan tehnis militer yang berhubungan dengan perencanaan, penyusunan, pengembangan, pengerahan dan pengendalian potensi wilayah dengan segenap aspeknya untuk kepentingan Tugas Pokok TNI dalam rangka pertahanan negara. Definisi ini memberikan gambaran bahwa Binter diselenggarakan demi kepentingan Tugas Pokok TNI dalam Pertahanan Negara. Binter tidak untuk kepentingan lain dan Binter bukan kegiatan politik praktis terselubung, Binter menjadi metode yang diterapkan TNI untuk menyelami, menghubungi, mempengaruhi dan mengajak masyarakat sipil untuk berpartisipasi demi kepentingan pertahanan negara.

Keberadaan dan peran satuan komando kewilayahan merupakan gelar kekuatan yang tetap harus dipertahankan dan menempatkan diri untuk melaksanakan amanat Undang-undang dan bersama dengan unsur kekuatan lain, berusaha mewujudkan situasi yang kondusif serta dapat berperan dalam membantu pelaksanaan pembangunan nasional di daerah. Binter merupakan tugas seluruh satuan jajaran Angkatan Darat termasuk menjadi tugas satuan nonkewilayahan dalam upaya mewujudkan ruang, alat dan kondisi juang ( RAK juang ) bagi kepentingan pertahanan negara.

Dalam amanatnya saat pembukaan Dandim 0702/Purbalingga Letkol Inf Yudhi Novrizal,S.I.P., M.Han.menegaskan,” menjadi aparat komando kewilayahan harus profesional artinya dapat betul-betul menguasai apa yang menjadi tugas pokoknya mengingat semakin kompleksnya tuntutan tugas TNI AD khususnya menghadapi revolusi industri 4.0 yang menuntut kita untuk mampu bersaing dalam berbagai hal sesuai tuntutan tugas, hindari pelanggaran prajurit dan keluarganya karena bagaimana kita mau membina masyarakat ababila masih ada pelanggaran di tubuh kita prajurit khususnya. Jalin Komunikasi sosial dengan masyarakat kenali kondisi di wilayah binaan yang ada baik potensi maupun kendala yang ada di masyarakat, bantu kesulitan masyarakat yang ada di wilayah binaan,”Tegas Dandim.
(Pendim0702/Pbg).

Sharing is caring!