Drama Kolosal Perjuangan Panglima Besar Jenderal Soedirman Turut Semarakkan Festival Jenderal Soedirman 2019

Purbalingga__Drama kolosal perjuangan Panglima Besar Jenderal Soedirman dalam merebut dan mempertahankan kemerdekaan Republik Indonesia turut ditampilkan saat pembukaan Festival Jenderal Soedirman tahun 2019, di Monumen Tempat Lahir Soedirman (MTL) Desa Bantarbarang Kecamatan Rembang Kabupaten Purbalingga, Jumat (6/12).

“Drama kolosal dimainkan oleh gabungan anggota Kodim 0702/Purbalingga,siswa-siswi SMKN 1 Kaligondang, Komunitas Jeep Purbalingga, dan Aeromodeling Purbalingga. Dari drama kolosal ini kita dapat mengerti bagaimana perjalanan perjuangan Panglima Besar Jenderal Soedirman yang bersama sama seluruh rakyat Indonesia merebut dan mempertahankan kemerdekaan dari tangan penjajah,” kata Dandim 0702/Purbalingga Letkol Inf Yudhi Novrizal, S.I.P., M.Han.

Jenderal Soedirman digambarkan dalam Drama kolosal Usai berpamitan dengan Istri dan keluarganya dimana pada saat itu sebetulnya soedirman dalam keadaan sakit bangkit dan melapor ke Presiden Soekarno. Soedirman tetap bersikeras berjuang meski Presiden Soekarno memintanya beristirahat.

Sudirman memutuskan bergerilya untuk melawan penjajah. Sementara pihak Belanda yang pada saat itu sedang menjajah memerintahkan pasukannya untuk menangkap Jenderal Sudirman hidup atau mati.

Dari seklumit adegan tersebut ada banyak suri tauladan yang dapat kita teladani, bahwa kita sebagai warga Negara Indonesia khususnya warga Purbalingga tempat dilahirkannya Jenderal Soedirman wajib berbanga serta menauladani patriotisme, cinta tanah air serta sifat dan watak kesatria Panglima Besar Jenderal Soedirman yang dengan tulus ikhlas rela mengorbankan harta dan nyawanya sendiri demi kemerdekaan Indonesia.(Pendim 0702)

Sharing is caring!