Dandim 0701 Banyumas : Sekitar Sepuluh Ribu Warga Meriahkan Hari Juang TNI-AD di Alun-Alun Kota Purwokerto

Banyumas. Dalam rangka memperingati Hari Juang TNI-AD, Kodim 0701 Banyumas menyelengarakan kegiatan sepeda sehat, jalan sehat dan senam sehat yang di pusatkan di Alun-alun Kota Purwokerto, Minggu (1/12/2019) pagi.

Hari Juang TNI AD yang diperingati setiap tanggal 15 Desember, merupakan peristiwa bersejarah perjuangan Tentara Keamanan Rakyat (TKR) yang dipimpin Jenderal Soedirman pada pertengahan Desember 1945, membuat Tentara Sekutu terjepit dan akhirnya mundur dari Ambarawa menuju Semarang.

Untuk Sepeda Sehat, Jalan Sehat dan Senam Sehat diikuti oleh ribuan warga masyarakat dari penjuru wilayah di kabupaten Banyumas. Dari Pihak Panitia berdasar tiket yang terjual menyebutkan angka diatas Lima Ribu. Hal senada juga diungkapkan oleh Bupati Banyumas Ir.H.Achmad Husein saat memberi sambutan. ” Kita harus bangga menjadi warga Banyumas. Kegiatan hari ini ada Lima Ribu orang lebih yang mendaftar mengikuti Sepeda Sehat, Jalan Sehat dan Senam Sehat di Alun Alun Kota Purwokerto, yang mendukung kegiatan TNI. TNI-AD banyak berkorban untuk negeri ini “, demikian sambutan Pak Bupati yang disambut tepuk tangan oleh seluruh masyarakat yang hadir di Alun Alun Kebanggaan warga Banyumas.

Untuk Rute sepeda sehat dimulai dari :
Alun-alun Purwokerto – Jalan Masjid – Jl. A.Yani – Jl. Letjen Pol. R. Sumarto – Pasar Cerme Purwosari – Beji – Karangsalam Kidul – Stasiun KA Purwokerto – Kodim 0701 Banyumas dan kembali ke Alun-alun Purwokerto.
Peserta kegiatan dilepas oleh Bupati Banyumas Achmad Husein, Dandim 0701 Banyumas Letkol Inf. Chandra, SE, Mi. Pol beserta Wakapolres Banyumas Kompol Davis Busin Siswara.

Dandim 0701 Banyumas Letkol Inf. Chandra mengungkapkan, ribuan warga Banyumas yang mengikuti sepeda sehat, jalan sehat dan senam sehat di alun-alun tersebut menunjukkan kecintaannya terhadap prajurit TNI khususnya TNI AD. 

Menurut Dandim, kemanunggalan masyarakat terlihat dari banyaknya peserta yang mengikuti even itu.
” Kemanunggalan masyarakat terlihat dari banyaknya animo masyarakat yang mengikuti even kali ini. Sampai bendera Start dikibarkan mungkin ada sekitar Sepuluh Ribu warga yang hadir. Jumlah ini berdasar dari tiket yang terjual, warga yang hanya ingin melihat kegiatan ini, dan keluarga dari anggota Kodim 0701Banyumas. Kita juga mengajak komunitas-komunitas warga, Pemerintah Daerah Banyumas, Polres Banyumas dan seluruh unsur-unsur masyarakat yang ada di Banyumas,” tuturnya kepada Awak Media yang mengkonfirmadinya.

Selain itu, lanjutnya, melalui kegiatan tersebut juga digunakan untuk menyampaikan TNI semakin ke depan harus semakin profesional.

“Profesionalitas itu tentu saja harus manunggal dengan masyarakat, manunggal dengan rakyat. Ini yang ingin kita angkat sehingga dengan adanya TNI ini kita juga dapat mengatasi kesulitan masyarakat, kemudian bersama-sama kita membangun terutama kabupaten Banyumas,” ungkap Letkol Inf. Chandra.

Dandim 0701 Banyumas Letkol Inf. Chandra menambahkan, semangat patriotisme para pejuang saat melawan sekutu di Ambarawa tahun 1945 itu diharapkan terus ada pada generasi-generasi muda sekarang untuk menambah kecintaan terhadap NKRI dengan profesionalisme di bidangnya masing-masing (Kodim 0701 Banyumas )

Sharing is caring!