BPBD Banyumas Eksekusi Sarang Lebah Vespa Affinis Di Desa Sibrama Kecamatan Kemranjen

Banyumas. Lebah/Tawon merupakan jenis Hewan Serangga yang memiliki alat pembelaan diri yang desebut Sengat (entop = bhs jawa). Jenis Lebah Vespa Affinis (tawon ndas = bhs jawa) merupakan Lebah yang memiliki sengatan sangat berbahaya. Senyawa feromon yang dimiliki dapat mengundang Lebah yang lain ikut menyengat. Ini sangat berbahaya bagi korban sengatan Lebah ini, apalagi alergi terhadup racunnya.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Banyumas telah melakukan eksekusi/pemusnahan dari sarang Lebah ini diberbagai wilayah di Kabupaten Banyumas. Selama ini dapat ditangani dengan baik. Termasuk yang ada di Desa Sibrama Kecamatan Kemranjen. Tepatnya di rumah Bpk Slamet, alamat Rt 2 Rw 5.

Sarang Hewan yang memiliki ciri khusus warna kuning melingkar di badanya ini berukuran sekitar Satu Meter Persegi dengan ketebalan dinding sarang sekitar 20 Centimeter. Berdasarkan informasi dari perugas BPBD yang menanganinya, sarang tersebut berisi Ribuan Ekor Lebah yang hidup berkoloni. Dan ini yang paling banyak jumlahnya.

Kepala BPBD Kabupaten Banyumas, Bpk Ariyono yang ikut terjun langsung melaksanakan eksekusi ini menceritakan sudah ada Kasus tersengatnya warga Desa Sibrama. Hal senada juga disampaikan oleh Kades Sibrama, Wagiyah. Sehingga segera dilaksanakan eksekusi yang dilaksanakan pada malam hari, Sabtu 28 Desember 2019.

Juga melibatkan anggota Babinsa dari Koramil 11 Kemranjen Kodim 0701 Banyumas, Sertu Syamsul Ma’arif dan Kopda Saeful Anam.

Selanjutnya sarang Lebah tersebut akan dimusnahkan dengan cara dibakar kemudian dikubur. Dihimbau warga sekitar lokasi sarang tersebut agar tetap hati-hati, siapa tahu masih ada Lebah yang hidup atau lolos dan mencari sasaran untuk disengat.

Sharing is caring!