Babinsa Hadiri Pencanangan Kampung KB Mandala Asri Desa Mandala

Cilacap – Babinsa Mandala Koramil 02/Jeruklegi Pelda Sukarso hadiri Pencanangan Kampung KB Mandala Asri bertempat di RW 1 Desa Mandala yang dihadiri sekitar 400 orang, Senin (30/12/19).

Hadir dalam kegiatan Kepala Dinas KB, PP dan PA Kabupaten Cilacap Murniyah S.Pd M.Pd., Camat Jeruklegi Rosikin, S.Sos MM., Kapolsek Jeruklegi AKP Nyoman Sudarjana, Pelda Sukarso dalam hal ini mewakili Danramil Jeruklegi, Kepala Desa Mandala Yulis Samingan, Ketua Tim penggerak PKK Kecamatan Jeruklegi Taneri Rosikin, para Kepala UPT Dinas Instansi, Penyuluh KB serta para Kepala Desa dan Ketua TP PKK Desa se-Kecamatan Jeruklegi dan juga para Kader Kampung KB Mandala Asri serta tamu undangan lainnya.

Diawali kegiatan, Sutarman selaku Ketua Pencanangan Kampung KB Mandala Asri mengucapkan terima kasih kepada para tamu undangan yang sudah berkenan hadir pada kegiatan ini. Dia juga menjelaskan kegiatan Kampung KB ini dibiayai dari APBDes Desa Mandala sebesar Rp. 35.000.000,-.

” Terima kasih kepada semua pihak yang sudah membantu dan mendukung kami sehingga kegiatan ini bisa terselenggara dengan baik dan lancar,” Ucapnya.

Kepala Desa Mandala Yulis Samingan selain mengucapkan selamat datang kepada Kepala Dinas KB, PP dan PA Kabupaten Cilacap, Forkompimcam beserta rombongan di desa Mandala dalam rangka pencanangan Kampung KB Mandala Asri. Juga menjelaskan jumlah penduduk yang ada di Desa Mandala yaitu 611 jiwa dan 148 KK. Melalui pencanangan Kampung KB, desanya siap mendukung program pemerintah khususnya program KB.

Mengenai sambutan seluruh warga Desa Mandala, selaku Camat Jeruklegi Rosikin S.Sos MM juga mengucapkan terima kasih kepada Kepala Desa dan warganya yang begitu semangat melaksanakan kegiatan pencanangan kampung KB walau dengan keterbatasan yang ada. Menurutbya, sukseskan kegiatan Kampung KB berarti ikut serta mendukung program Bupati Cilacap yaitu 4 pilar Bangga Mbangun Desa.

” Program KB tidak hanya untuk menekan angka kelahiran, namun program kegiatan KB sangat luas yang tujuannya untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa,” Ucapnya.

Dalam sambutannya, Kepala Dinas KB, PP dan PA, Murniyah, S.Pd M.Pd berharap agar setelah pencanangan kampung KB ini, juga ada kegiatan lainnya yang mendukung kemajuan desa Mandala karena dia menilai, desa ini memiliki potensi wisata yang bisa dikembangkan. Kampung KB bisa berperan membantu desa menggerakan potensi wisata yang ada di Mandala,” Ungkapnya.

Murniyah juga menjelaskan bahwa Kampung KB di Cilacap menjadi rujukan kampung KB se Indonesia. Gubernur dengan program Jateng Gayeng Nginceng Wong Meteng, sangat memperhatikan kesehatan bayi sejak masih dalam kandungan. Agar terhindar dari stunting, termasuk gizi ibu dan anak juga diperhatikan.

Dia juga memaparkan beberapa anjuran kepada warga seperti anak-anak yang masih berusia di bawah 2 tahun agar tidak diberikan HP, komunikasi antara orang tua dan anak, tidak menikahkan anak dibawah 21 tahun bagi perempuan dan 25 tahun bagi laki-laki, pengawasan pergaulan terhadap anak remaja agar terhindar dari perilaku negatif kenakalan remaja, sex pra nikah dan sebagainya. Bagi para orang tua yang sudah berumur lansia juga diminta agar aktif dalam kegiatan Posyandu Lansia untuk menjaga kesehatan para lansia.

” Selamat kepada Kampung KB Mandala Asri dan tetap semangat dalam mensukseskan program KB karena kegiatan ini juga mendukung 4 pilar Bangga Mbangun Desa terutama pilar kesehatan.,” Pungkasnya.

Sharing is caring!