Tingkatkan Kemampuan Babinsa melalui Pembinaan Kesiapan Aparat Kewilayahan dan Kemampuan Teritorial

PURBALINGGA__Aparat kewilayahan, khususnya Babinsa di Kodim 0702/Purbalingga harus paham dan mampu melaksanakan tugas pembinaan teritorial di wilayah binaannya. Untuk lebih meningkatkan kemampuan serta memiliki kesamaan langkah dan tindakan dalam melaksanakan tugas di lapangan, Kodim 0702/Purbalingga hari ini menggelar pembinaan kesiapan aparat kewilayahan dan kemampuan teritorial triwulan IV tahun 2019 kepada prajuritnya.(21/11).

Kepala Staf Kodim 0702/Purbalingga Mayor Inf Saeroji yang mewakili Komandan Kodim 0702/Purbalingga dalam sambutan pembukaannya menyampaikan,” pentingnya pembinaan, sebagai Aparat Komando Kewilayahan yang setiap hari berbaur dengan masyarakat, sering bertemu dan berkomunikasi langsung dengan warga binaan, tentunya harus mampu berinteraksi maupun berkomunikasi dengan baik dan benar. Karenanya untuk lebih memantapkan kemampuan yang dimiliki, hari ini kita sama-sama mengikuti pembinaan kesiapan aparat kewilayahan dan kemampuan teritorial sehingga kita dapat memiliki kesamaan langkah dan tindakan dalam melaksanakan tugas di lapangan, ” kata Kasdim saat membuka kegiatan tersebut.

Dikatakan Serma Yohannes Bagus Suhendro ( Bintara tinggi Kemampuan Teritorial staff Teritorial Kodim 0702/Purbalingga) bahwa,” kegiatan ini merupakan kegiatan program latihan kepada khususnya Bintara Pembina Desa atau Babinsa, dimana Babinsa adalah ujung tombak dari TNI AD yang diharapkan mampu melaksanakan tugas pemberdayaan wilayah pertahanan di darat sesuai UU RI Nomor 34 Tahun 2014 tentang TNI, “katanya.
.
“Bahwa untuk bisa melaksanakan tugasnya dengan baik, Babinsa wajib menguasai lima kemampuan teritorial antara lain: kemampuan temu cepat lapor cepat, kemampuan management teritorial, kemampuan penguasaan wilayah, kemampuan pembinaan Wanra serta Komunikasi Sosial (Komsos) seperti materi yang akan diberikan pada pembinaan kali ini,”Sambungnya.
(Pendim0702/Pbg).

Sharing is caring!