Tata Upacara Bendera Diajarkan Babinsa Koramil 03/Kalimanah Kepada Pelajar SMK YPT I Purbalingga

Purbalingga. Tata Upacara Bendera atau Susunan Upacara Bendera di Sekolah sendiri sebenarnya sudah diatur oleh Pemerintah, yang disebut Tata Upacara Sekolah (TUS), namun untuk menyamakan gerakan maupun melatih gerakan yang bagus dan benar, perlu diadakan gladi atau latihan terlebih dahulu, oleh karena itu Babinsa Koramil 03/Kalimanah Sertu Rakimin memberikan Pelatihan kepada para Pelajar SMK YPT I Purbalingga. (22/11)

Salah satu yang menjadi fokus utama dalam latihan ini adalah tentang cara menggerek bendera. “Pelaksanaan upacara bendera harus berjalan dengan khidmat, oleh karena itu kami hari ini melatih Siswa-siswi SMK YPT I Purbalingga tentang pelaksanaan upacara. Hal ini sangat perlu diajarkan agar nantinya dapat berjalan dengan tertib dan lancar ” kata Sertu Rakimin.

Tidak hanya tata upacara saja yang diajarkan oleh Sertu Rakimin, dia juga mengajarkan tata cara laporan masing-masing pejabat upacara sesuai dengan urut-urutan serta pemenggalan kata dan titik koma kata laporan.

Terpisah Danramil 03/Kalimanah Kapten Inf Sudarno menuturkan, “Sejak zaman nenek moyang bangsa Indonesia telah melaksanakan Upacara, seperti Upacara selamatan kelahiran dan Upacara selamatan panen, oleh karena itu di sekolah-sekolah wajib diadakan Upacara Bendera, baik itu Upacara Penaikan maupun Penurunan Bendera. Dasar hukum diadakannya Upacara Bendera di sekolah itu sendiri dilandasi oleh Pancasila, UUD 1945 (tentang Sistem Pendidikan Nasional) dan Inpres No. 14 tahun 1981 (tentang Urutan Upacara Bendera)”.

“Selain untuk menanamkan Jiwa Nasionalisme kepada Generasi Muda, agar para siswa bisa memahami dan menghormati Lambang-Lambang Negara seperti Bendera Merah Putih sebagai Bendera Kebangsaan Indonesia. Kegiatan ini juga diharapkan kepada para pelajar dapat menyerap nilai-nilai Karakter yang ditanamkan oleh Babinsa dan melalui kegiatan ini, Kejujuran, Disiplin, Toleransi terhadap sesama, Kemauan Bekerja Keras, Kreatif , Mandiri dan Bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa akan dapat terwujud” tutupnya.

Sharing is caring!