Sambut Hari Juang Kartika ke-74, Koramil 13/Majenang dan Koramil 01/Cilacap Gelar Baksos KB Kes

Cilacap – Dalam rangka menyambut peringatan Hari Juang Kartika yang ke 74 Tahun 2019, banyak kegiatan yang dilakukan oleh Satuan TNI AD khususnya Kodim 0703/Cilacap dan Koramil Jajarannya. Selain kegiatan karya bakti dan bakti sosial, Kodim 0703 juga menggelar kegiatan Bakti Sosial TNI Manunggal KB Kesehatan yang secara serentak dilaksanakan di wilayah Kabupaten Cilacap.

Salah satunya di Koramil 13/Majenang dan Koramil 01/Cilacap. Di wilayah Majenang, Koramil 13 menggandeng Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN), mereka menggelar Bakti Sosial TNI Manunggal KB Kesehatan dan dilangsungkan di Puskesmas 1 Desa Ciguling, Kecamatan Majenang, Kabupaten Cilacap, Selasa (12/11).

Dengan tema melalui kegiatan KB Kesehatan, kita wujudkan sinergitas antara TNI, Pemerintah dan BKKBN dalam usaha meningkatkan keikutsertaan masyarakat guna membentuk keluarga yang berkualitas, sehat dan sejahtera,

Saat dikonfirmasi, Danramil 13/Majenang menjelaskan bahwa Baksos ini merupakan salah satu bentuk upaya dalam membangun kependudukan Indonesia agar tumbuh seimbang dengan daya dukung yang tersedia.

” Indikator keberhasilan KB bukan di ukur dengan jumlah penduduk, tetapi dengan kesejahteraan, kesehatan dan sumber daya masyarakat,” kata Kapten Inf. Agus Sudarso.

Ia juga menerangkan bahwa dalam kegiatan TMKK ini juga akan di berikan pelayanan KB berupa Implan, IUD, MOP. Untuk sementara baru 19 warga melakukan pemeriksaan umum, Implan 6 aseptor dan IUD sebanyak 13 Aseptor, dan akan bertambah pada Giat KB Kes pada tanggal 22 November 2019,” terang nya.

Sementara itu di Koramil 01/Cilacap,Sertu Jono beserta 5 orang anggota dan 4 Persit Kartika Chandra Kirana Ranting 02, juga melaksanakan pendampingan kegiatan KB-Kesehatan yang dilaksanakan di Pustu (Pusat kesehatan terpadu) Kelurahan Kutawaru,Kecamatan Cilacap Tengah.

Kegiatan tersebut dihadiri Lurah Kutawaru Slamet, Babinsa Kutawaru Sertu Dalmuji, Babinkamtibmas Bripka Sofyan, Koordinator PLKB Kecamatan Sugiyanto, Koordinator PLKB Kelurahan Kutawaru Veni, Tim Medis Kecamatan Cilacap Tengah serta Bidan Kelurahan Kutawaru.

Dalam kegiatan tersebut, para peserta aseptor KB merasa terbantu dengan adanya program ini. Selain dari kesadaran masyarakat Kutawaru, program ini juga menarik minat warga untuk hidup sejahtera. Hal ini juga dikarenakan adanya pendampingan dan arahan dari Babinsa dan Bidan kelurahan serta petugas Puskesmas Cilacap tengah yang rutin dilakukan dan selalu memotifasi setiap kesempatan dan kegiatan kemasyarakatan.

Dalam program pendampingan ini berhasil mengumpulkan Akseptor KB dengan jumlah 10.orang yang terdiri dari KB Implan sebanyak 9 orang dan IUD 1 orang. Pendim Clp.

Sharing is caring!