Peran Serta Babinsa dalam Pendampingan Pramuka Peduli Sukseskan Prokasih dan Prolingsih

PURBALINGGA – Prokasih (Program Kali Bersih) adalah program kerja pengendalian pencemaran air sungai dengan tujuan untuk meningkatkan kualitas air sungai agar tetap berfungsi sesuai dengan peruntukannya. Pelaksanaan Prokasih berasaskan pelestarian fungsi lingkungan perairan sungai untuk menunjang pembangunan yang berkelanjutan bagi peningkatan kesejahteraan manusia.

Prolingsih (Program Lingkungan Bersih) adalah program pengendalian lingkungan bersih bertujuan guna menciptakan lingkungan yang sehat.

Babinsa 08/Bobotsari Kodim 0702/Purbalingga Sertu David turut serta mendampingi Pramuka Peduli dari Kwaran Bobotsari untuk melaksanakan karya bhakti guna mewujudkan program Prokasih dan Prolingsih di wilayah Desa Karangmalang Kecamatan Bobotsari tepatnya di lingkungan SDN 1 Karangmalang (17/11).

“Karya bhakti pembersihan sampah ini berlangsung di sepanjang penampang sungai di wilayah Desa Karangmalang. Serta pembersihan menyasar bantaran sungai, sepanjang jalan, dan trotoar,” Tutur Sertu david.

Suasana penuh keakraban saat kegiatan berlangsung yang ditandai dengan obrolan santai yang diselingi dengan sendau gurau. Mereka saling bahu membahu bergotongroyong membersihkan sampah secara manual menggunakan garpu, sabit, cangkul dan garu.

“Ini merupakan bentuk sinergitas TNI dengan Pemda beserta masyarakat guna mendukung dan mensukseskan program pemerintah daerah,”ungkap Sertu David saat di lokasi kegiatan bersama Kak Kwaran Bobotsari, Kak Riyono, S.Pd.
(Pendim0702/Pbg).

Sharing is caring!