Peran Babinsa dalam Musrenbang di Desa Binaannya

Cilacap – Danramil 13/Majenang dalam hal ini diwakili Pelda Miskun dan Babinsa Sadabumi Serma Moh. Subaidi menghadiri kegiatan Musyawarah Rencana Pembangunan Desa (Musrenbangdes) tahun 2020 di Balai Desa Sadabumi, Kamis (20/11).

Keterlibatan TNI dalam Musrenbangdes merupakan salah satu peran TNI dimana melalui Satuan Komando Kewilayahan (Koramil) adalah salah satu pendukung program percepatan pembangunan di desa. Hal itu sesuai tugas pokok TNI selain perang yaitu membantu tugas pemerintah daerah sampai tingkat desa, membantu pemda dalam bidang pembangunan untuk meningkatkan kesejahteraan rakyatnya.

” Ini salah satu tugas kita sebagai aparat kewilayahan untuk membantu pemerintah daerah dalam bidang pembangunan sebagai upaya untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat ditingkat pedesaan, ” kata Serma Moh. Subaidi, Babinsa Sidabumi.

Dalam acara musyawarah didesa ini, melibatkan berbagai unsur dimana diantaranya dihadiri Camat Majenang Bintang Dwi Cahyono, AP, MM, Danramil 13/Majenang diwakili Pelda Miskun dan Serma Moh. Subidi (Babinsa), Dinas Perdagangan Koprasi Usaha Kecil dan Menengah (DPKUKM) Edy Suroso, Kasi PM Rita, Pendamping Desa Sri Hastuti, Balai Penyuluh Pertanian (BPP) Tri Yugo Istianto, Korwil KB PP & PA Sugeng Tri Bayu, Korwil Bindik Widodo Pujiyono, UPT BPBD Suwondo, Kepala UPT Puskesmas Majenang II Nunung serta PJ Kepala Desa dam Tim Penggerak PKK Desa Sadabumi.

Dalam sambutannya Camat Majenang menyampaikan, Musrenbangdes adalah kegiatan rutin yang setiap tahun di adakan dalam upaya menyusun perencanaan di bidang pembangunan desa melalui aspirasi masyarakat dalam menentukan prioritas pembangunan tingkat desa dengan musyawarah mufakat.

” Saya berharap dalam pelaksanaan Musrenbangdes ini dapat menghasilkan Progja yang benar-benar sangat dibutuhkan oleh masyarakat sesuai kebutuhan dan bukan keinginan atau kepentingan pribadi atau golongan, untuk itu cermati mana yang di prioritaskan terlebih dahulu,” Tegasnya.

Kegiatan yang bersifat prioritas untuk kesejahteraan masyarakat harus memperhatikan aspirasi warga, serta mengevaluasi musrenbang tahun ini. Jadikan inspirasi tahun yang akan datang dengan melihat pagu Indikatif atau ketersediaan Dana Anggaran baik APBD atau APBN.” Tutupnya.

Sharing is caring!