Kasdim Hadiri Upacara Peringatan HUT ke-74 PGRI dan Hari Guru Nasional 2019

PURBALINGGA __Kasdim 0702/Purbalingga Mayor Inf Saeroji turut menghadiri upacara Peringatan HUT Ke 74 PGRI yang dilaksanakan di Lapangan SMK N 2 Purbalingga Desa Selaganggeng, Kecamatan Mrebet, Kabupaten Purbalingga Senin(25/11).

Dalam kesempatan tersebut Kasdim menyampaikan bahwa,” Momen Hari Guru digunakan untuk memperingati jasa-jasa dan perjuangan Guru, para pahlawan tanpa tanda jasa dan pencetak generasi penerus Bangsa.”

Beliau berharap,” Hal ini akan semakin menguatkan sinergitas antara TNI-POLRI, Pemerintah setempat, komponen masyarakat, dewan Guru dan para siswa untuk bersama-sama melakukan yang terbaik demi terus memajukan dunia pendidikan di Purbalingga ini, “ tegasnya.

Bupati Purbalingga menbacakan isi pidato Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, “Biasanya tradisi Hari Guru dipenuhi oleh kata-kata inspiratif dan retorik. Mohon maaf, tetapi hari ini pidato saya akan sedikit berbeda. Saya ingin berbicara apa adanya, dengan hati yang tulus, kepada semua guru di Indonesia dari Sabang sampai Merauke.”
“Anda ditugasi untuk membentuk masa depan bangsa, tetapi lebih sering diberi aturan dibandingkan dengan pertolongan.”

Di Hari Guru Nasional ini menyebut bahwa para guru sangat ingin membantu murid-murid yang mengalami ketertinggalan di kelas. Namun apa daya, waktu sang guru habis terbuang mengerjakan tugas administratif tanpa manfaat yang jelas.

“Anda tahu betul bahwa potensi anak tidak dapat diukur dari hasil ujian, tetapi terpaksa mengejar angka karena didesak berbagai pemangku kepentingan.”

Serta juga mengetahui betul bahwa guru ingin agar anak didiknya belajar di dunia sekitar, namun kurikulum yang padat menutup pintu peluang. Bahwa guru juga ingin berinovasi. Namun, sulit dilakukan oleh para guru.Untuk itu, Mendikbud ingin agar para guru mulai berinovasi tanpa harus menunggu perintah.Mendikbud ingin agar guru mulai mengajak anak didiknya berdiskusi, memiliki proyek bakti sosial, dan membantu murid untuk menemukan bakatnya.

“Apa pun perubahan kecil itu, jika setiap guru melakukannya secara serentak, kapal besar bernama Indonesia ini pasti akan bergerak,” tandas Bupati Purbalingga yang membacakan pidato Mendikbud.
(Pendim 0702/Pbg).

Sharing is caring!