Gandeng Ibu Guru Saat Jadi Host Membuat Suasana Mencair

PURBALINGGA__master of ceremony disingkat MC atau Host adalah orang yang bertugas sebagai pembawa acara sekaligus pemimpin acara dalam panggung kegiatan seperti pertunjukan, hiburan, pernikahan, dan acara-acara sejenis. Biasanya MC atau Host juga membawakan narasi atau informasi dalam suatu acara atau kegiatan, Pembawa acara biasanya membaca naskah yang telah disiapkan sebelumnya, tetapi sering juga mereka harus memberikan komentar atau informasi tanpa naskah.MC biasanya memperkenalkan peserta atau artis yang segera akan tampil di atas panggung, berdialog dengan penonton, dan secara garis besar berusaha menjaga tempo acara. Bergantung kepada acara yang dibawakan, seorang MC kadang-kadang dituntut untuk dapat membawakan lelucon atau anekdot.

Hal sulit seperti ini tidak lah membuat Sertu Satria Ferry Sonarya anggota Penerangan Kodim 0702/ Purbalingga untuk surut semangat saat di perintahkan oleh Letkol Inf Wahyo yuniartoto, S.E., M.Tr(Han) Komandan Kodim 0703/Cilacap untuk menggelar kegiatan Motivasi Kebangsaan kepada 930 siswa SMAN 1 Bukateja Kabupaten Purbalingga sebagai pembawa acaranya. (11/11).

Tidaklah lantas menjadi panik saat menerima tugas itu walaupun sebetulnya sangat minim pengalaman di bidang tersebut. Alih-alih berbekal pengalamannya saat menjadi Babinsa dimana kenal dengan banyak lapisan masyarakat maka di gandenglah Ratna Palupi,S.Pd seorang guru yang sudah lebih malang melintang bertugas sebagai Host kegiatan untuk membantu jadi pasangan Host saat harus mengendalikan serta mencairkan suasana 930 siswa SMAN 1 Bukateja untuk menerima Motivasi Kebangsaan dari Dandim Cilacap.

Menurut Ratna,”untuk mengendalikan dan membawa suasana audience dibutuhkan skill khusus agar suasana mencair peserta dapat konsentrasi tertarik mengikuti kegiatan pokok, hal ini biasanya melalui beberapa pendekatan diantaranya melaluai ice breaking yang di dahului oleh permainan-Permainan yang dapat memancing konsentrasi,”(ungkapnya).
(Pendim0702/Pbg).

Sharing is caring!