Ditemukan Lagi, Satu Penghuni Kos dan Satu Waria di Pasar Hewan Purbalingga Positif Terjangkit HIV

PURBALINGGA__Screening atau penyaringan tes HIV/AIDS dilakukan tim kesehatan dari Puskesmas Kalimanah dengan didampingi anggota Koramil 03/Kalimanah dan Polres Purbalingga. Petugas menyisir beberapa tempat indekos di wilayah Kecamatan Kalimanah. Pada kegiatan itu, 2 orang penghuni kos terindikasi positif terjangkit HIV.

“Dari total 82 orang yang diperiksa, kami mendapatkan dua orang itu. Langsung kami rekomendasikan ke RS rujukan untuk penanganan lebih lanjut dan dalam pengawasan,” kata Aprilia Dwi Utami Petugas Pelaksana tes HIV Puskesmas Kalimanah, Sabtu (23/11) malam kemarin.

Dia mengakui jika screening HIV/AIDS yang dilakukan bersifat mendadak. Selain dalam rangkaian Hari AIDS sedunia, kegiatan ini dilakukan sebagai deteksi dini terkait masalah tersebut.

“Ada beberapa tempat kos yang kita datangi, setelah itu kita ke Pasar Hewan Purbalingga. Pasalnya, lokasi itu disinyalir biasa untuk mangkal PSK. Lalu kita juga melakukan tes di tempat karaoke,” tambahnya.

Pemeriksaan dilakukan baik laki-laki maupun perempuan penghuni kos. Dua yang dinyatakan positif itu masing- masing satu perempuan yang merupakan penghuni kos di Kalikabong dan satu adalah waria, yang ada di Pasar Hewan.

Selanjutnya, mereka yang dinyatakan positif akan dirujuk ke RSUD Goeteng Taroenadibrata Purbalingga. Pasien akan menjalani pemeriksaan yang lebih intensif. Sehingga diharapkan bisa diatasi dan meminimalisir penyebaran. “Minimal saat di RSUD akan menjalani tiga pemeriksaan. Screening ini kami lakukan setahun dua kali per semester,” tegasnya. (amr)radarmas

Sharing is caring!