Dandim bersama Forkopimda Pemalang Beri Bantuan Korban Bencana Alam Angin Puting Beliung

Pemalang – Pasca musibah angin puting beliung yang melanda desa Bulakan Kecamatan Belik kabupaten Pemalang, Dandim 0711/Pemalang Letkol Inf Irvan Christian Tarigan, S.I.P., M. Han., bersama unsur forkopimda meninjau dampak bencana alam tersebut dan memberikan bantuan kepada warga masyarakat yang dilanda musibah, pada Kamis (21/11/2019).

Bantuan diserahkan oleh Ketua DPRD Pemalang HM. Agus Sukoco atas nama Bupati dilanjutkan Dandim dan unsur Forkopimda lainnya, turut hadir dalam kegiatan tersebut Pjs Sekda Nugroho Budi Raharjo, beserta Kepala BPBD, Ka OPD Kab. Pemalang, Forkopimcam Kec. Belik, Kades se Kec Belik dan Ormas /Relawan.

Bupati Pemalang dalam sambutannya yang dibacakan Ketua DPRD HM. Agus Sukoco menyampaikan atas nama pemerintah kabupaten Pemalang akan memberikan bantuan kepada para korban bencana lam di desa Bulakan kecamatan Belik, Bupati mohon maaf kepada para korban jika penyaluran bantuan ini di rasa terlambat, sebab dalam penyaluran bantuan ini harus melewati prosedur-prosedur tertentu untuk memastikan bahwa bantuan yang disalurkan dapat diterima oleh yang benar dan tepat sasaran.

“Tidak ada maksud dari Pemerintah Kabupaten Pemalang untuk menunda akan mempersulit proses penyaluran bantuan, Syukur alhamdulillah doa dan kesabaran bapak dan ibu semua pada hari ini dapat kami Salurkan kepada para korban di kecamatan Belik” Tuturnya.

Menurutnya letak Geografis Kabupaten Pemalang yang terdiri dari pesisir pantai daratan rendah daratan tinggi dan pegunungan menjadikan wilayah Kabupaten Pemalang sebagai wilayah yang rentan terjadinya bencana alam seperti banjir tanah longsor dan angin puting beliung, Seperti yang terjadi beberapa hari yang lalu sebanyak 41 rumah saudara kita dan 1 mushola tidak bisa ditinggali, kondisi tersebut jangan membuat kita takut atau khawatir, namun demikian kita harus selalu waspada dan siap siaga dalam menghadapi bencana.

“Terkait dengan upaya penanggulangan dan penanganan korban bencana Pemerintah Kabupaten Pemalang telah melakukan berbagai upaya meminimalisir jumlah korban bencana seperti pelatihan gladi posko penanggulangan bencana maupun pemberian bekal keterampilan kepada sumber daya manusia yang terkait agar memiliki pengetahuan dan keterampilan dalam menangani korban bencana dan pemberian bantuan, Pungkasnya.

Sementara pada kesempatan yang sama Kepala desa Bulakan Sigit Pujiono S. Hut., menyampaikan Bahwa pada hari senin tanggal 18 November 2019 tepatnya pukul 15.05 telah terjadi bencana alam angin puting beliung di Desa kami, dengan data terakhir yang dapat di laporkan akibat dari bencana tersebut 42 bangunan rusak, 11 rumah rusak berat, 3 rusak sedang, 27 rusak ringan dan 1 Mushola rusak ringan.

“Kami sangat berterimakasih kepada semua donatur yang telah menyumbangkan sebagian hartanya untuk membantu meringankan beban para korban dan sampai saat ini dana yang kami terima telah mencapai 55 juta, untuk penanganan korban mulai dari pembersihan sampai pada hari ini melakukan perbaikan rumah yang di bantu oleh TNI Polri, ormas dan masyarakat”, Tutur Kades (Pendim0711/Pemalang)

Sharing is caring!