Babinsa Manfaatkan Limbah jadi Bahan Produktif Untuk Tingkatkan Perekonomian Warga

PURBALINGGA__Sesuai arahan Danrem 071/ Wijaya kusuma kolonel Kav Dani wardana,S.Sos.,M.M .,M.Han., bahwa Kodim melalui khususnya Babinsa dalam melaksanakan pembinaan di wilayah harus meningkatkan kreatifitas, hal inilah yang akhirnya memacu Pelda Margiono melalui doktrin 5 kemampuan teritorial yang wajib dimiliki seorang Babinsa diantaranya yaitu penguasaan wilayah untuk berkreasi setelah melihat potensi masyarakat di wilayah binaannya.

Adanya masyarakat yang menganggur setelah musim tanam usai dan adanya pabrik kayu lapis yang mempunyai limbah tidak bernilai jual tinggi menggelitik Pelda margiono untuk berkreasi membantu perekonomian warganya.

Setelah mempelajari dan melihat pangsa pasar yang ada dari limbah kayu lapis dan potensi tenaga kerja dari warganya di cobalah membuat stik es krim berbahan dasar limbah kayu lapis, alhasil kegiatan ini disambut baik oleh pasar sehingga permintaannya semakin besar bahkan membuat kewalahan saat tenaga kerjanya kembali sibuk pada masa panen.

Kegiatan memproduksi stik es krim yang di inisiasi oleh Babinsa Pelda Margiono ini membuat perekonomian dan kesejahteraan warga meningkat. Wargiman(45) salah satu warga yang ikut bekerja disela-sela pembuatan stik es krim mengucapkan, “saya berterima kasih sekali kepada Bapak Babinsa yang selalu mendampingi kami sehingga kami bisa mendapat penghasilan tambahan untuk menyekolahkan anak kami.”Ujarnya.

Menurut Dandim 0702/Purbalingga saat melaksanakan peninjauan proses pembuatan stik es krim di rumah Pelda Margiono desa Toyareka Kecamatan Kemangkon Kabupaten Purbalingga, (6/11) menyampaikan,” Rata-rata warganya semangat membuat stik es krim karena dapat menambah perekonomiannya, ini sebagai salah satu bentuk keberhasilan program pembangunan teritorial yang dilaksanakan oleh TNI-AD dimana tujuan akhirnya adalah meningkatkan pembangunan di wilayah tersebut untuk kesejahteraan rakyat, hal ini selaras dengan tema bangsa Indonesia saat ini yaitu SDM Unggul Indonesia Maju.”Pungkas Dandim.
(Pendim0702/Pbg).

Sharing is caring!