150 Linmas Kemranjen Dilatih Semi Militer

Kemranjen. 150 orang anggota Satuan Pelindung Masyarakat (SatLinmas) Kecamatan Kemranjen Kabupaten Banyumas dilatih Semi Militer oleh Koramil 11 Kemranjen Kodim 0701 Banyumas. Selasa, 12 November 2019. Materi Peraturan Baris – Berbaris, Peraturan Penghormatan Militer, Bela Diri Militer dan Wawasan Kebangsaan.

Kegiatan selama satu hari penuh yang terbagi menjadi Tiga Zona Latihan. Setiap zona ada sekitar 50 anggota Linmas yang berlatih dengan bimbingan langsung dari Koramil 11 Kemranjen. Zona Pertama meliputi : Desa Sibalung, Sibrama, Sirau, Grujugan, Karangjati, Nusamangir. Zona Kedua : Desa Kebarongan, Alasmalang, Karangsalam, Pageralang, Sidamulya. Zona Ketiga : Desa Petarangan, Kedungpring, Karanggintung, Kecila.

” Kegiatan pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas penanganan ketentraman dan ketertiban oleh anggota Linmas saat menjalankan tugas. Juga membentuk sikapnya, kedisiplinanya dan performanya “, demikian tutur Tarsono, selaku Kasi Trantib Kecamatan Kemranjen yang mengkoordinir kegiatan tersebut. Kegiatan seperti ini akan diselenggarakan secara rutin, dengan penambahan materi dan peningkatan materi yang sudah diberikan

Danramil 11 Kemranjen Kodim 0701 Banyumas Kapten Cba Ahmad Mansur juga menyampaikan pendapatnya tentang pentingnya anggota Linmas memiliki disiplin dan rasa nasionalisme. Karena suatu ketika negara dalam keadaan Darurat Perang, para Linmas tersebut harus bertempur di garis depan bersama TNI – Polri untuk melawan musuh negara.

Respati, salah satu anggota Linmas dari Desa Karangjati menyampaikan rasa bangganya menjadi Linmas. Menurutnya apa yang dilakukanya adalah bentuk kecintaannya pada negaranya dan wujut pengabdianya pada bangsanya. ” Saya bangga menjadi Linmas, ini merupakan bentuk pengabdian dan rasa bersyukur saya kepada bangsa dan negara ” demikian tuturnya pada Media yang menemuinya. Pendim Bms.

Sharing is caring!