Tumbuhkan Jiwa Patriot Sejak Usia Dini, Satgas TMMD 106 Kodim Cilacap Berikan Materi Wasbang

Cilacap – Program TMMD 106 Kodim Cilacap dalam memberikan pembekalan Wawasan kebangsaan(Wasbang) yang diberikan oleh Satgas TMMD 106 Kodim Cilacap, kepada anak-anak di lokasi wisata pemancingan beber. Pembekalan yang diberikan personil Satgas TMMD 106 Kodim Cilacap mengenai materi.

Anggota Satgsa TMMD 106 Kodim Cilacap Serka Yatiman saat memberikan pembekalan wawasan kebangsaan, mengungkapkan, pemberian materi wawasan kebangsaan kepada anak-anak usia dini memang sangat di butuhkan dan diperlukan.

“Dengan materi ini, menerapkan dalam diri anak-anak untuk memiliki rasa saling menghormati dan menghargai, mencintai tanah air kita, serta memiliki jiwa bela Negara,”kata Serka Yatiman saat menjelaskan kepada anak-anak arti dari wawasan kebangsaan di wisata pemancingan beber, minggu (6/10/19) siang hari.

Lanjut Serka Yatiman, materi ini sangat diperlukan oleh anak-anak usia dini, dalam memiliki wawasan kebangsaan yang tinggi dalam jiwa dan diri anak-anak. Karena tanpa adanya pengetahuan mengenai wawasan kebangsaan ini, akan mengakibatkan anak-anak tidak memiliki jiwa patriot dan etika srta prilaku yang baik nantinya.

“Pembekalan dan pemberian materi di hari ke lima kegiatan TMMD 106 Kodim Cilacap ini, guna menumbuhkan jiwa patriot pada anak-anak usia dini. Kalau tidak dilakukan dan di tanamkan pada diri mereka, akibatnya akan merusak masa depan mereka dan bangsa ini bisa hancur. Sebab mereka adalah generasi penerus bangsa,” ucapnya.

Sementara itu, Eko, (10), warga dusun kalirau, desa cilibang, yang mengenyam pendidikan di SDN 02 Jeruklegi kulon, mengungkapkan, materi ini sangat bermanfaat untuk dirinya. Bahkan disaat dirinya untuk diminta maju menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia, dengan sigap dan lantang ia menyanyikan lagu kebangsaan tersebut.

“Saya hafal lagu Indonesia Raya, karena saya sering menyanyikan lagu kebangsaan itu, baik di dalam sekolah maupun diluar sekolah. Lagu kebangsaan yang paling sering saya nyanyikan, lagu Indonesia Pusaka, saya semakin semangat saat disuruh menyanyikan lagu itu oleh pak tentara,” ungkap Eko yang duduk di bangku kelas V ini.

Sharing is caring!