Sukses, Minat Baca Anak Cilibang Telah Tumbuh Seiring Berakhirnya TMMD Reguler Cilacap

Cilacap – Inilah bukti tumbuhnya kesadaran membaca atau kecintaan anak-anak Desa Cilibang, Kecamatan Jeruklegi, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah, kepada buku. Delman milik Suparjo (59) warga asal Kebasen, Kabupaten Banyumas, Jateng, yang dijadikan perpustakaan keliling oleh Kodim 0703 Cilacap, juga menjadi pemicunya.

Tampak Rizki (12) siswa kelas 6 SDN 01 Cilibang, asyik membaca buku bersama kawan-kawannya karena sebentar lagi akan mengikuti ujian tengah semester dan pra ujian nasional.

“Saya memang harus banyak membaca buku karena sebentar lagi mau ada ujian,” ujar bocah.

Sementara disampaikan Sertu Mulyono, anggota Satgas TMMD yang ditugaskan Dansatgas, Letkol Infanteri Wahyo Yuniartoto, untuk memacu literasi program non fisik TMMD Reguler 106 Cilacap, bahwa andong tersebut memang mempunyai fungsi vital dalam menumbuhkan daya tarik anak-anak.

“Kebanyakan anak awalnya tertarik dengan kudanya, mereka ingin memegang kuda. Memang ini terobosan Dansatgas agar tujuan gemar membaca tercapai,” ucapnya.

Ditambahkannya, bagi anak usia dini (PAUD) jelas buku bergambar yang mereka cari, sedangkan untuk pelajar SD kelas 6, SMP dan SMA atau sederajat, buku-buku mata pelajaran yang hampir sama dengan di sekolah adalah yang banyak mereka cari. Pendim Clp.

Sharing is caring!