Menolak lupa Pahlawan Purbalingga

Purbalingga__Usman Jannatin bin H. Muhammad Ali lahir di dusun Tawangsari desa Jatisaba kecamatan Purbalingga kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah pada 18 Maret 1943.

Meninggal di tiang gantungan di Singapura 17 Oktober 1968 pada umur 25 tahun dan dimakamkan di TMP Kalibata.

Adalah salah satu dari dua anggota KKO (kini disebut Korps Marinir) Indonesia yang ditangkap di Singapura pada saat terjadinya Konfrontasi dengan Malaysia.
Bersama dengan seorang anggota KKO lainnya bernama Harun Thohir, ia di hukum gantung oleh pemerintah Singapura pada Oktober 1968 dengan tuduhan sabotase meledakkan bom di wilayah pusat kota Singapura yang padat pada 10 Maret 1965 (di gedung Mac Donald House).

Nasib usman dan rekannya Harun selesai tepat pukul 06:00 pagi waktu Singapura tanggal 17 Oktober 1968.Usman dan rekannya Harun harus meregang nyawa di tiang gantungan penjara Changi Singapura.

Kisah keteladanan yang begitu heroik dari Usman Janatin patut kita kenang sebagi sosok yg berjiwa patriot,sikap cinta tanah air dan bangsa harus selalu di tumbuhkan di tengah rongrongan berbagai macam isu ,gejolak panas politik dan berita Hoak yang kerap muncul dan meracuni pikiran.
(Pendim0702/Pbg)

Sharing is caring!