Jelang Bhaksos TNI, Kodim 0703 Cilacap Gelar Rakor Bersama Dinas KB, PP Dan PA Kabupaten Cilacap

Cilacap – Jelang kegiatan Bhakti Sosial KB Kesehatan TNI yang direncanakan akan dilaksanakan secara terpusat pada tanggal 6 November 2019, Kasdim 0703 Cilacap Mayor Inf Ahmad Rofik Alfian bersama Kepala Dinas KB, PP & PA Murniyah, S. Pd. M. Pd. menggelar Rakor Bhaksos TNI di Aula Satya Kartika Kodim setempat, Jum’at (25/10).

Kegiatan ini diikuti oleh Pasiter Kapten Inf Agus Wantoro, para Danramil Jajaran Kodim 0703 Cilacap, Dinas Kesehatan Kabupaten Cilacap serta para joordinatot PLKB Kecamatan se Kabupaten Cilacap. Rapat ini untuk memberi gambaran kepada tiap unsur terkait tentang rencana penyelenggaraan kegiatan Bhakti Sosial TNI KB Kesehatan 2019.

Menurut Kasdim, kegiatan ini akan dimulai pada tanggal 4 November 2019 di wilayah Distrik Majenang yang akan dipusatkan di Puskesmas Dayeuhluhur, tanggal 5 November akan dilaksanakan di Eks Distrik Kroya. Sedangkan pada tanggal 6 November akan dilaksanakan di wilayah Eks Distrik Sidareja yang akan dipusatkan di Puskesmas Gandrungmangu dan tanggal 7 November di Eks Distrik Jeruklegi.

” Kepada para Danramil agar disampaikan kepada Babinsanya untuk lebih giat lagi agar Aseptor meningkat dan kepada Pasiter agar koordinasikan dengan baik dengan PLKB dan Puskesmas agar semua berjalan dengan lancar, ” terang Kasdim.

Kegiatan KB Kes ini juga dilombakan antar Babinsa dimana dalam penilaiannya untuk MOP : 15, MOW : 15, IUD : 10, implan : 5. Pemenangnya direncanakan akan diumumkan pada Hari Juang Kartika di Korem 071 Wijayakusuma mendatang.

Bersamaan dengan kegiatan KB Kesehatan, pada tanggal 6 November di wilayah Kecamatan Gandrungmangu juga akan dilaksanakan kegiatan Karya Bhakti TNI, kegiatan Wasbang, Bela Negara dan Cegah tangkal radikalisme.

Sementara Kepala bidang KB, PP dan PA Murniyah menjelaskan, Pencanangan Bhakti Sosial TNI KB Kesehatan dalam wilayah Kabupaten Cilacap Tahun 2019 dalam rangka menindaklanjuti Nota Kesepahaman dan perjanjian Kerja Sama antara BKKBN dan TNI tentang Penguatan dan Percepatan Pencapaian Sasaran Program kependudukan, Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga.

“Kegiatan Bhakti TNI KB Kesehatan pada intinya menjalin kebersamaan antara Unsur TNI, Pemerintah Kabupaten Cilacap, dukungan masyarakat dan pihak terkait dengan tujuan memotivasi masyarakat khususnya para pasangan usia subur untuk ber KB. Meningkatkan capaian cakupan ber KB Kesehatan bagi akseptor KB dan meningkatkan kesehatan Ibu serta imunisasi.” jelasnya.

Dalam menyukseskan KB Kesehatan ini tidak luput dari pendampingan oleh Babinsa dan keberhasilan progam KB tidak terlepas dari dukungan Pemda hingga tokoh masyarakat termasuk kader keluarga berencana khususnya anggota TNI (Babinsa) yang di lapangan. Pendim Clp.

Sharing is caring!