Danramil 03/Kalimanah, TBS ( Trap Barrier System) Teknologi Sederhana Penanganan Hama Tikus

Purbalingga. Danramil 03/Kalimanah Kapten Inf Sudarno mengikuti kegiatan pencanangan optimalisasi teknologi Trap Barrier System (TBS) yang langsung dibuka oleh Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi SE. B.Econ di Desa Sokawera Kec. Padamara.

Kegiatan yang di tandai pemukulan kentong oleh Bupati Purbalingga, dilanjutkan dengan pengecekan langsung lokasi yang digunakan sebagai tempat perangkap tikus dengan sistem tersebut di area pesawan petani desa Sokawera.

Trap Barrier System merupakan salah satu sistem terbaru pengendalian hama tikus pada komoditas tanaman padi dengan menggunakan plastik / terpal pada lahan dengan ketinggian 60-70 cm yang mengelilingi tanaman perangkap dengan memadukan penggunaan perangkap tikus.

Harapan dari dilaksanakannya kegiatan ini adalah petani mampu mengerti apa itu TBS, cara pemasangan, keuntungan dan kelebihan dari penggunaan sistem pengendalian hama tikus.

Danramil 03 kalimanah Kapten Inf Sudarno pada kesempatan tersebut mengatakan bahwasanya inovasi teknologi pengendalian hama tikus telah tersedia dan terbukti efektif dilapangan melalui pengendalian hama tikus terpadu berbasis Trap Barrier System (TBS) sebagai perangkap tikus dalam jumlah besar secara terus menerus sepanjang musim tanam.

Keuntungan dari penggunaan TBS ini antara lain teknologinya sederhana sehingga mudah dilakukan oleh petani, bahan TBS tersedia dipasaran, pemasangan mudah, TBS tidak memberikan efek jera pada tikus sehingga tikus yang lain akan kembali terperangkap, serta dampak lingkungan kecil. pungkasnya. (Pendim 0702/Pbg)

Sharing is caring!