Peringati HUT TNI ke-74, Kodim 0702 Purbalingga Gelar Donor Darah

Purbalingga. Dalam rangka memperingati HUT TNI ke-74 tahun 2019, Kodim 0702/Purbalingga melaksanakan aksi sosial donor darah bekerjasama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) ini diikuti setidaknya kurang lebih 300 orang yang dilaksanakan di Aula Makodim Jl. S. Parman No 1 Purbalingga (24/9)

Selain memperingati HUT TNI ke-74 tahun 2019. Ini merupakan bentuk kepedulian Kodim 0702 Purbalingga untuk mendukung program bantuan melalui PMI, dan untuk mendukung program pemerintah dalam meningkatkan derajat kesehatan masyarakat dalam bidang penyediaan darah.

Pada Donor Darah Kali ini selain di ikuti satuan TNI yang ada di wilayah Purbalingga Kegiatan ini juga melibatkan Instansi Pemerintahan, Polres Purbalingga,elemen masyarakat dan pelajar.

Bangun Tari Maerowati selaku pengurus PMI mengungkapkan bahwa sejauh ini Kodim 0702 Purbalingga berperan dalam mendukung penyediaan kebutuhan darah di Kabupaten purbalingga. Terbukti dalam setahun mampu enyelenggarakan 2 sampai 3 kali kegiatan donor darah.

Ia berharap momen kegiatan semacam ini dapat diterapkan pula pada instansi lain baik pemerintah maupun swasta sebab setetes darah sangat bermanfaat bagi pasien yang membutuhkan.

Selain itu tujuan pelaksanaan kegiatan donor darah adalah untuk membantu PMI dalam penyedian cadangan darah yang berada di Bank Darah dimana saat ini stok yang ada sangat terbatas. ” Kita berharap kegiatan yang sama bisa juga digelar di instansi lain di Kabupaten Purbalingga Pasalnya stok darah di PMI juga minim,” ajaknya.

“Saya kira kepedulian tentara ini sangat mulia, apa yang dilakukan oleh Kodim mengenai sumbangsih darah untuk masyarakat betul – betul sangat membantu,” ungkap perempuan yang akrab disapa Bu Tari

pada kegiatan tersebut Dandim 0702 Purbalingga Letkol Inf Yudhi Novrizal S.I.P., M.Han selain ucapan terimakasih kepada Polres, Instansi Pemerintahan, Komponen masyarakat lainnya atas partisipasinya pada kegiatan Donor Darah, Dandim Juga mengatakan manfaat akan donor darah yang dapat membantu membuang kelebihan zat besi yang terdapat dalam tubuh. Zat besi yang berlebihan dalam darah dapat menyebabkan oksidasi kolesterol. Hasil dari proses oksidasi tersebut dapat menumpuk pada dinding arteri dan meningkatkan risiko terjadinya serangan jantung dan stroke.

” Melalui donor darah, kadar zat besi dalam tubuh dapat menjadi lebih stabil dan menurunkan risiko terkena penyakit jantung dan pembuluh darah.” Tuturnya. (Pendim 0702/Pbg)

Sharing is caring!