Dandim Pekalongan Hadiri Rakor Upsus Provinsi Jateng 2019

Kota Pekalongan – Direktorat Jenderal Tanaman Pangan Kementan RI selaku penanggung jawab kegiatan Upsus Swapang Wilayah Jateng menyelenggarakan Rapat Koordinasi dengan instansi terkait, bertempat di Hotel Sahid Mandarin Kota Pekalongan mulai Kamis-Jumat, 26 s.d 27 September 2019.

Rakor yang dipimpin oleh Direktorat Jenderal Tanaman Pangan Kementan RI selaku penanggung jawab kegiatan Upsus Swapang Wilayah Jateng Bpk DR Ir Suwandi dihadiri Pabandya Wanwil Sterdam IV /Dip Letkol Inf Agus Musriyanto, Dandim 0710/Pekalongan Letkol Inf Arfan Johan wihananto, para Kadistan Kp dan Kabid Tanaman Pangan Kab /Kota Wil Jateng, Para Dandim /Pasiter se Kodam IV/Diponegoro, Staf Dirjen Tp Kementan R serta Para Kabid Distanbunhut Provinsi Jateng.

Dalam sambutanya Suwandi menyampaikan, dengan sisa waktu akhir bulan September 2019, agar memaksimalkan hasil pertanian yang ada dan hasil capaian LTT bulan September ini merupakan panen awal di Tahun 2020.

Lanjutnya, bagi Distan Kp yg mengajukan Bantuan Pompa Air dangkal dan sumur guna mendukung GPOT 2019 ( Gerakan Percepatan Olah Tanah dan Tanam). Agar Distan Kp memonitor bantuan tersebut untuk mendukung GPOT tiap Kabupaten.

“ Untuk Distan yang mengajukan bantuan Pompa air dangkal agar Distan Kp memonitor bantuan tersebut untuk mendukung Gerakan Percepatan Olah Tanah dan Tanam,”tandasnya.

Mewakili Aster Kasdam IV/ Diponegoro Pabandya Wanwil Sterdam IV /Diponegoro Letkol Inf Agus Musriyanto menyampaikan, seluruh satuan teritorial Jajaran Kodam IV/Diponegoro akan mendukung penuh kegiatan pendampingan Upsus Pajale Swasembada Pangan (Swapang).

“ Percepatan GPOT agar segera direalisasikan pelaksanaannya oleh Masing-masing Dansat Kowil sesuai Target yg telah disepakati,’Pintanya.

Terpisah Dandim 0710/Pekalongan Letkol Infanteri Arfan Johan wihananto menjelaskan, berbagai upaya dan langkah nyata selama ini sudah dilakukan Kodim Pekalongan dalam rangka mendukung program Upsus tersebut, di antaranya selain pendampingan para Babinsa juga memberikan bantuan pupuk Wijayakusuma Nutrition kepada para petani untuk mendongkrak hasil pertanian.

“ Sudah banyak aksi dan upaya nyata kita dalam mendukung program upsus ini, diantaranya adalah pemberian bantuan pupuk Wijayakusuma Nutrition ke petani, serta membuat lahan-lahan Demplot guna memotivasi petani untuk lebih giat lagi dalam bercocok tanam,”pungkasnya.(Pendim Pkl)

Sharing is caring!