Ceramah Bintal Rohani dan Bintal Ideologi Kejuangan Kodim 0712/Tegal


Tegal – Guna memberikan pemahaman tentang Ideologi dan Kejuangan kepada prajurit TNI dan PNS di Jajaran Kodim 0712/ menerima penyuluhan Bintal Ideologi Kejuangan dari Korem 071/Wijayakusuma bertempat di Lapangan Tenis Indoor Kodim 0712/Tegal.Selasa (3/9)


Dalam Sambutannya Komandan Kodim 0172/Tegal diwakili Perwira Seksi Personalia (Pasi Pers) Kapten Arm Sinai Susmono Aji.mengatakan,kita mencermati kehidupan berbangsa dan bernegara saat ini ada kecenderungan sikap lebih mementingkan materi, kekuasaan dan kedudukan dari pada akhlakul karimah. Sehingga menyebabkan semakin terkikisnya nilai-nilai kebersamaan, kegotongroyongan, persatuan dan kesatuan bangsa. “Dampak dari sikap seperti ini jika tidak kita sikapi dengan baik, maka akan bisa merusak sendi-sendi kehidupan maupun persatuan dan kesatuan bangsa”, terangnya.
“Menyikapi gejala yang demikian, sebagai prajurit dan PNS TNI yang taat beragama, berkewajiban untuk mengantisipasinya agar dampak tersebut tidak menimpa kepada anggota keluarga kita maupun lingkungan masyarakat”, paparnya.
Sementara itu, Kabintal Korem 071/Wijayakusuma Kapten Inf Suparman, dalam kesempatan tersebut sebagai pemberi materi menyampaikan bahwa maksud dan tujuan dari kegiatan penyuluhan Bintal Ideologi Kejuangan untuk meningkatkan nasionalisme dan militansi prajurit dan PNS sesuai dengan nilai-nilai Pancasila, Sapta Marga dan Sumpah Prajurit sehingga dapat mendukung pelaksanaan yang diberikan oleh satuan, dan tujuan untuk memberikan pemahaman tentang Ideologi dan Kejuangan kepada prajurit TNI dan PNS di Jajaran Korem 071/Wijayakusuma.
Ideologi adalah seperangkat tata nilai yang tersusun secara sistematis, bulat dan utuh yang didukung oleh sekelompok manusia dan dimanfaatkan untuk menanggapi serta menyelesaikan masalah-masalah yang dihadapi. Pada hakikatnya bimbingan mental kejuangan (militansi) adalah sifat pantang menyerah, rela berkorban, semangat juang dan etos kerja. Sedangkan bintal ideologi (nasionalisme) adalah soliditas, disiplin, kesetiaan kepada NKRI dan bintal rohani(Imtaq) Antara lain akhlak, moral, peribadatan dan keimanan.
Dalam kegiatan tersebut, dihadiri oleh Perwira Seksi Personalia (Pasi Pers) Kapten Arm Sinai Sukmono Aji, para Danramil jajaran dan anggota jajaran Kodim 0712/Tegal,Satdisjan Wilayah Kodim 0712/Tegal,Persit Kartika Chandra Kirana Cabang XXII Dim 0712/Tegal dan PNS.(Ast)

Sharing is caring!