Latihan Menembak, Dandim Cilacap Tunjukan Kemampuanya

Cilacap-Komandan Kodim 0703/Cilacap Letkol Inf. Wahyo Yuniartoto, S.E., M.Tr (Han) menunjukan kemampuan menembaknya kepada seluruh prajurit peserta latihan menembak senjata ringan yang di gelar Kodim 0703/Cilacap bertempat di Lapang Tembak Kodim, Desa Welahan, Kecamatan Adipala, Kabupaten Cilacap, Kamis (29/8).

Kepiwaian orang nomor satu di Kodim 0703/Cilacap itu tidak diragukan lagi, terlebih dia adalah seorang prajurit yang berasal dari dari Korps Komando Pasukan Khusus (Kopassus) yang memiliki keahlian di atas rata-rata prajurit TNI pada umumnya.

Hal ini dibuktikan saat latihan menembak bersama para prajuritnya dengan senjata standar TNI yang sama. Nilainya melebihi standar angka yang di tentukan, ini menunjukan bahwa kemampuan menembaknya masih terpelihara dengan sangat baik.

Hal ini dibenarkan oleh Komandan Latihan (Danlat) Latbak Jatri Kodim 0703/Cilacap Kapten Inf Suwanto saat mendampinginya. Ia mengatakan setelah dilakukan penilaian, nilai menembak Dandim terbukti melebihi standar, nilainya mencapai angka 105, padahal nilai standar yang ditentukan untuk menembak senjata ringan adalah minimal 80.

Kemampuan menembak sangat dipengaruhi oleh 3 hal yaitu nafas, teknik membidik, dan pegangan yang teguh. Dan ini sudah sangat dikuasainya, meskipun dihadapkan pada cuaca yang terik dan tekanan angin yang cukup besar namun masih mampu mencapai hasil yang sangat baik, ucapnya.

“Ini tentunya menjadi motivasi bagi kita semua untuk terus giat berlatih sehingga mampu mencapai target nilai yang diharapkan satuan,” imbuh Kapten Inf Suwanto.

Sementara itu Dandim 0703/Cilacap juga memantau langsung kegiatan menembak prajuritnya. Ia tak segan-segan mengoreksi para peserta latihan, baik dari posisi menembak, tekhik membidik dan hasil tembakan dengan melihat langsung perkenaan lesan.

“Kemampuan menembak adalah satu tuntutan yang wajib dimiliki oleh seorang prajurit profesional, jadi latihan menembak senjata ringan yang dilaksanakan setiap triwulan ini harus dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya untuk melatih dan memelihara kemampuan kita. Meskipun kita sebagai aparat teritorial namun kemampuam yang paling mendasar ini harus tetap terjaga,” tegas Dandim. Pendim Clp.

Sharing is caring!