Lampaui Target, Tim Karate Purbalingga Juara II

PURBALINGGA – Tim karate Purbalingga menjadi runner-up pada Kejurda Karate Piala Danpomdam IV Diponegoro yang digelar di Bale Sidang Mahesa Boyolali, 18-21 Juli lalu. Capaian ini melampaui target dari target awal yang hanya mengamankan posisi keenam.

Pada kejuaraan itu, Purbalingga mengirimkan 26 atlet. Mereka mampu mengumpulkan pundi-pundi medali 13 emas, 4 perak dan 5 perunggu. Kejuaraan itu diikuti 24 Pengkab Kabupaten/Kota di Jateng. Adapun peringkat 1 diraih oleh Kabupaten Semarang dengan perolehan medali 17 emas, 8 perak dan 15 perunggu.

“Target kita kemarin, jujur saja meleset. Karena kita hanya menargetkan tetap di posisi 6 besar Jateng, karena tahun lalu kita berada di posisi itu. Alhamdulillah tahun ini malah di posisi 2 di bawah Kabupaten Semarang. Melesetnya ke atas,” kata pelatih kepala, Juni Listianto, Senin (23/7).

Menurut karyawan RSUD dr R Goetheng Tarunadibrata ini, untuk menghadapi turnamen itu, tidak ada persiapan secara khusus. Mereka berlatih secara kontinyu baik ada turnamen atau tidak. Kemarin, mereka diterima oleh Dandim 0702 Purbalingga Letkol Inf Yudhi Novrizal sebagai Ketua Umum Pengkab Federasi Olahraga Karate Do Indonesia (Forki) Purbalingga.

Emas digelontorkan oleh Nadia Asyifa kategori Usia Dini Putri -30 kg, Abidah Kirana (Pra Pemula Putri -30 kg), Griselda (Pra Pemula Putri +40 kg), Amar Abas (Kata Beregu), Haidar Aka Juniar (Pra Pemula Putra -40 kg dan Kata Perorangan Pra Pemula), Asyraf Aldaifa (Pra Pemula Putra dan Kata Beregu Pra Pemula), Damar Aditya (Pemula Putra -40 kg), Danendra Ahnaf (Pemula Putra -50 kg), Ayubi (Pemula Putri -40 kg), Nabila R (Kata Beregu Cadet), Anita Nurliana (Kata Beregu), Sheila Aprilia P (Kata Beregu), Nabila Nathania (Cadet Putri +54 kg), Bilal S (Junior Putra -55 kg), Amelia Amanda (Junior Putri -59 kg) dan Rigi Amelia (U-21 Putri -55 kg). Khusus untuk Rigi, dia mendapat predikat best of the best dalam turname itu.

Medali perak diraih oleh Amar Abas (Pra Pemula Putra -35 kg), Anita Nurliana (Cadet Putri +54 kg), Zufar Panata Yuda (Junior Putra -75 kg) dan Andra Ayu P (Junior Putri -48 kg). Sedangkan medali perunggu disumbangkan oleh Putri Denina (Pra Pemula Putri -30 kg), Sheila Aprilia P (Cadet Putri -47 kg), Riva Agil E (Kata Beregu U21) dan Rigi Amelia (Kata Beregu U21).

Ketua Umum Pengkab FORKI Purbalingga, Letkol Inf Yudhi Novrizal yang melalui Pasi 1/Intel Dim 0702 Purbalingga Kapten Arm Kasan mengucapkan selamat atas prestasi para karateka Purbalingga. Ke depan dia akan berusaha untuk lebih memajukan cabor karate di Purbalingga.

Ketua Harian Pengkab FORKI Purbalingga, Yosep Win Puji Punarwo berterima kasih kepada Pemkab Purbalingga, KONI, Dindikbud, Dinporapar, Dandim, pelatih, official, manager dan orang tua atlet yang telah mendukung para atlet. Dia berharap di kejuaraan lain prestadi akan bisa lebih baik lagi.

“Saat ini kami tengah mempersiapkan atlet untuk kejuaraann Piala Pangdam IV Diponegoro yang rencananya akan di selenggarakan pada tgl 2-4 Agustus mendatang di Kodam Semarang. Kami mohon dukungan dari semua pihak,” katanya.(Pendim 0702 pbg)

Sharing is caring!