Jalan di Bangun TNI Tegal, Sekolah Tak Jinjing Sepatu Lagi

Tegal – Pembangunan sejumlah infrastruktur di Desa Jatimulya, Kecamatan Suradadi, Kabupaten Tegal, Jawa Tengah, melalui program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Reguler Ke-105 Kodim 0712 Tegal, juga memberi kemudahan dalam kemajuan pendidikan.

Dikatakan Slamet Riyanto, guru kelas 6 SDN Jatimulya 03, Dukuh Sigerung RT/RW. 01, “Pembangunan jalan ternyata tidak hanya memberi akses masyarakat dalam meningkatkan hasil pertanian, namun juga memotivasi anak didik kami bersekolah,” ucapnya, Kamis (18/7/2019).

Dikatakan juga, kedepan anak didiknya tak akan melepas/menjinjing sepatu lagi (nyeker dalam bahasa Jawa – Red) saat hendak ke sekolah dikarenakan jalan sangat becek pasca hujan tiba, sehingga jelas akses yang dibangun juga menunjang dari aspek kebersihan maupun kesehatan.

Untuk itulah pihak sekolah mengerahkan puluhan siswa dan siswi untuk sekedar membantu meratakan split dengan karung bekas bersama-sama dengan Satgas TMMD dan masyarakat.

“Mewakili pihak sekolah kami mengucapkan terima kasih atas pembangunan yang bapak ABRI lakukan. Kerja bakti ini akan lebih mendekatkan anak-anak dengan ABRI,” imbuhnya.

Ia juga menjelaskan tentang sedikit manfaat jalan bagi para petani yaitu meningkatkan penjualan hasil panen. Sebelumnya hasil per bahu hanya berkisar antara 8 juta rupiah, sehingga diharapkan kedepan tengkulak tidak membeli lagi gabah petani dengan harga tersebut.

“Dengan jalan yang bagus ini diharapkan kedepan gabah petani disini mampu menembus angka 10-12 juta rupiah per bahu,” tandasnya.

Diketahui, proses pengaspalan jalan di depan sekolah tersebut adalah lapen sepanjang 310 meter dengan lebar 2,5 meter, sedangkan sasaran lainnya adalah pengerasan makadam sepanjang 1,6 kilometer lebar 3 meter dan makadam 702 meter lebar 3 meter di gang sebelah barat SD. Sementara sasaran yang telah rampung adalah lapen 790 meter lebar 3 meter di Dukuh Grogolan. (Pendim Tgl)

Sharing is caring!