Dandim Tegal Ajak Dinas Terkait dan Swasta Perorangan Respon Krisis Air di Jatimulya

Tegal – Dansatgas TMMD Reguler 105 Kodim 0712 Tegal, Letkol Infanteri Richard Arnold Yeheskiel Sangari, SE.MM, mengajak seluruh dinas terkait maupun swasta perorangan untuk membantu masyarakat khususnya di lokasi TMMD, Desa Jatimulya, Kecamatan Suradadi, Kabupaten Tegal, Jawa Tengah, yang sedang mengalami krisis kekeringan.

Hal ini disampaikannya saat wawancara dengan media yang meliput kegiatan penyaluran bantuan air bersih dari PT. Tirta Jaya asal Tegal, sebanyak 35 ribu liter/5 truk tangki, di samping Mushola Al Istiqomah, Dukuh Sigerung RT/RW. 01, Jatimulya. Senin (22/7/2019).

“Ayo, saya mengajak kawan-kawan, kita bantu masyarakat disini dalam jangka pendek yang sangat nyata memerlukan air bersih dulu,” ajaknya dengan didampingi Muspika dan Kepala Desa.

Dikatakannya juga bahwa, kekeringan yang juga melanda para petani, salah satunya karena faktor manajemen air yang sangat terbatas, sehingga untuk jangka menengah dan panjang, pihaknya telah berkoordinasi dengan pemerintah daerah untuk menormalisasi Waduk Cacaban yang merupakan penampungan air yang besar di wilayah Kabupaten Tegal. Direncanakan, normalisasi tersebut akan dilakukan pada tahun depan melalui Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Pemali Comal.

“Puji Tuhan, beberapa sudah nyata dan sangat bersemangat memberikan kontribusi langsung kepada masyarakat, khususnya PMI Kabupaten,” imbuhnya.

Richard Arnold berharap, pasca dinormalisasi nantinya, Cacaban akan mampu menampung dan mengalirkan volume air sampai dengan musim kemarau, menuju ke utara hingga akhirnya masuk wilayah Kecamatan Suradadi dan sekitarnya. (Pendim Tgl)

Sharing is caring!