Dandim 0702/Purbalingga Hadiri Upacara Peringatan Hari Koperasi

Purbalingga. Dandim 0702/Purbalingga Letkol Inf Yudhi Nofrizal S.I.P, M.Han bersama dengan jajaran Forum Pemerintah Daerah Purbalingga mengikuti kegiatan upacara peringatan Hari Kopersi Ke 72 di Halaman Pendopo Kab. Purbalingga.

Dandim 0702/Purbalingga Letkol Inf Yudhi Nofrizal S.I.P, M.Han, pernah mengatakan bahwa globalisasi telah mencapai level interdependensi atau ketergantungan yang baru di antara sesama manusia.

Letkol Inf Yudhi Nofrizal S.I.P, M.Han mencontohkan, kini suatu produk ekonomi tidak bisa dinyatakan dalam batas-batas politik suatu negara, seperti komputer yang dipesan dari suatu negara A semisal bisa saja dirancang di suatu negara B dan dirakit di berbagai negara lainnya. (17/7)

Dengan demikian, lanjutnya, maka integrasi ekonomi juga merupakan suatu pertanda dan bukti nyata pertama dari era baru ini. Fenomena integrasi ekonomi yang kian melekat dan menghapus berbagai batasan ini mau tidak mau juga harus diadaptasikan oleh berbagai jenis perekonomian, termasuk koperasi yang kerap disebut sebagai Soko Guru Perekonomian.

Dalam peringatan Hari Koperasi Nasional ke-72 Bupati Purbalingga Diah Hayuning Pratiwi SE B.E.Con saat membacakan sambutan Menteri Koperasi dan UKM menyatakan, koperasi harus bisa melakukan reformasi total baik dalam cara pandang maupun ketatakelolaan usaha mereka.

Diah Hayuning Pratiwi SE B.E.Con dalam keterangannya saat menjadi inspektur upacara menyatakan bahwa tantangan baru yang dihadapi oleh dunia perkoperasian saat ini tidak hanya sekedar mengubah cara berbisnis dengan memanfaatkan perkembangan teknologi informasi semata.

Hal tersebut juga menyangkut persoalan pola pikir atau paradigma dan juga perubahan dalam sistem tata kelola.Dalam konteks itu, ujar dia, maka koperasi harus melakukan reformasi total terhadap sistem kepranataan yang sudah berjalan selama ini.

Reformasi total yang telah dijalankan dalam rentang waktu lima tahun terakhir pada dasarnya mendorong koperasi untuk dapat beradaptasi dan bertransformasi dalam menghadapi lingkungan yang senantiasa berjalan dinamis. Untuk itu, ujar Bupati Purbalingga, koperasi disiapkan mempunyai kreativitas dan inovasi yang tinggi untuk menata organisasi dan strategi bisnisnya.

Dalam rangka mengimplementasikan strategi bisnis tersebut, lanjutnya, pemerintah berharap kepada koperasi untuk selalu memanfaatkan teknologi digital dengan menggunakan platform e-commerce aplikasi ritel daring dan pengembangan aplikasi-aplikasi bisnis lainnya.

Lanjutnya, maka gerakan koperasi mampu merangkul generasi millenial, yang saat ini jumlah mereka telah mencapai sepertiga dari penduduk Indonesia.

Dalam Hari Koperasi Nasional ke-72 yang dilaksanakan di Kab. Purbalingga. Pemerintah Purbalingga melalui Bupati Purbalingga memberikan vasilitas atau infentaris kendaraan roda empat kepada Dinas Kopersi yang diterima langsung oleh kepala dinas koperasi dan UKM Kab. Purbalingga Usai pelaksanaan kegiatan Upacara yang disaksikan oleh seluruh peserta upacara. (Pendim 0702/Pbg)

Sharing is caring!