Babinsa Dampingi Tim Kementan RI Tinjau Lokasi Demplot Kedelai

Banyumas – Musim kemarau sudah sekitar Tiga Bulan. Rintik hujan turun tidak ada lagi. Tanah area persawahan sudah mengeras dengan rumput yang mengering. Kondisi ini tentunya tidak cocok lagi untuk menanam padi.

Kebiasaan sebelumnya, bila petani sudah memanen padi, sawah dibiarkan begitu saja. Karena untuk memulai menanam padi lagi persedian air untuk mengairi tanaman padi tidak cukup. Terutama di lokasi sawah yang akan di jadikan DemPlot Kedelai di Desa Sibrama Kecamatan Kemranjen Kabupaten Banyumas.

Situasi dan tradisi seperti itu sudah berlangsung lama. Petani hanya menanam padi sepanjang tahun tanpa ada kegiatan penanaman Palawija atau tanaman non padi lainya. Rencana Demplot Kedelai di Desa Sibrama pada lahan persawahan milik kelompok Tani Sidakaya merupakan terobosan baru untuk mengubah tradisi yang sudah berlangsung bertahun-tahun.

” Ini merupakan pertama kali dan sebuah obsesi serta inovasi dari warga kami yang bekerja sama dengan Pihak Kementan RI, PPL Pertanian Kemranjen dan Para Babinsa dari Koramil 11 Kemranjen. Kami harap dukungan dari semua pihak agar yang kami lakukan dapat bermanfaat untuk umat “, demikian tutur Wagiyah, Kades Sibrama yang akan ikut Pilkades Sibrama untuk kedua kalinya, Kamis (4/7/2019).

Secara terpisah Danramil 11 Kemranjen, Kapten CBA Ahmad Mansur sangat mensupport pada kegiatan yang dilakukan oleh Desa Sibrama, ” Hal ini merupakan wujut kegiatan program Upsus Pajale yang kita kawal sejak diadakan MoU beberapa tahun silam. Koramil 11 Kemranjen turut pada kegiatan ini dengan melibatkan para babinsa “, demikuan tutur Danramil saat meninjau lokasi DemPlot di Desa Sibrama. Pendim Bms.

Sharing is caring!