Kodim 0703 Cilacap Gelar Paparan RGB Minggu Militer TW. III Tahun 2019

Cilacap-Sesuai Program Kerja Kodim 0703/Cilacap Bidang Operasi Latihan khususnya latihan minggu militer, perlunya merencanakan, menyiapkan dan menyelenggarakan latihan minggu militer.

Terkait hal itu Kepala Staf (Kasdim) Mayor Inf. Ahmad Rofiq Alfian memimpin Paparan RGB Minggu Militer TW.III Tahun 2019 bertempat di Aula Satya Kartika Makodim, Jln. Jenderal Soedirman No.D-1 Cilacap, Senin (8/7).

Kegiatan yang rutin digelar tiap triwulan ini dihadiri oleh para Perwira dan Bintara Staf Makodim dan seluruh Danramil jajaran, adapun maksud dan tujuanya adalah untuk memberikan gambaran secara rinci tentang rencana garis besar (RGB) minggu militer pada TW.III tahun 2019 yang nantinya menjadi pedoman bagi penyelengaraan minggu militer disatuan agara berjalan sesuai dengan norma dan mampu mencapai hasil maksimal sesuai yang diharapkan.

Bertindak sebagai Koordinator Kapten Inf. Taryun mengatakan bahwa sasaran secara kuantitatif pada latihan adalah seluruh prajurit Kodim 0703/Cilacap dan secara Kualitatif adalah seluruh prajurit mampu memahami dan mampu menerapkan norma-norma dasar keprajuritan baik pengetahuan dan ketrampilan militer maupun jasmani militer.

Adapun materi latihan yang akan dilaksanakan antar lain Peraturan Militer Dasar (Permildas) yang terdiri dari Peraturan Baris Berbaris (PBB), Peraturan Urusan Dinas Dalam (PUDD), Peraturan Dinas Tentara (PDT), Peraturan Penghormatan Militer (PPM), dan Peraturan Dinas Garnisun (PDG), Ucapnya.

Selain itu ada juga latihan tali temali, lari jalanan dan aplikasi taktik dan teknik tempur yang merupakan kemampuan dasar yang wajib dimiliki seorang prajurit, Papar Kapten Inf. Taryun.

Dalam kesempatan itu Kasdim selaku supervisi Staf Makodim mengingatkan pentingnya koordinasi antar staf terkait penyelenggaraan latihan dan pelaporan kegiatan. “Lakukan sinkronisasi data secara baik agar tidak terjadi kesalahan dalam pelaporan kegiatan. Pedomani diagram waktu kegiatan dan laksanakan tugas sesuai tugas pokok dan fungsi (Tupoksi) masing masing bagian, agar penyelenggaraan latihan dapat berjalan dengan lancar dan aman”, Ucap Kasdim. Pendim Clp.

Sharing is caring!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *