Jangan Bosan Ajarkan Anak Mencuci Tangan

Brebes – Edukasi mencuci tangan dengan menggunakan air bersih dan sabun, merupakan hal sederhana namun sangat penting dan bermanfaat bagi kesehatan anak. Pasalnya, ini merupakan upaya dalam membasmi kuman tak terlihat penyebab penyakit atau mencegah anak tertular penyakit.

Dalam dunia kesehatan diajarkan bahwa menjaga kesehatan anak harus dilakukan sejak dini, mencuci tangan sebelum makan atau setelah buang air. Ini karena di masa pertumbuhan, anak memiliki sistem pertahanan tubuh/imunitas yang belum maksimal sehingga lebih rentan terserang/tertular virus maupun bakteri dari kebiasaannya menyentuh mulut, mata dan hidung dengan tangan.

Terlihat gambar, kebersamaan Serma Bambang, Bati Tuud Koramil 08 Bumiayu Kodim 0713 Brebes dengan Mutiara Mecca (8) siswi kelas 2 SDN Kalierang 02, Jalan Ahmad Dahlan Nomor 07, Desa Kalierang Kecamatan Bumiayu, pasca memberikan materi cinta tanah air dan bangsa di sekolah tersebut. Kamis (2/5/2019).]

Diungkapkan Bambang “Membiasakan mencuci tangan pada anak sejak dini agar mereka mengerti akan pentingnya bagi kesehatan dan kebiasaan ini akan melekat seumur hidupnya,” ucapnya.

Ditambahkannya, mencuci tangan atau hand wash selain menggunakan sabun dapat menggunakan air bersih dingin dan hangat, dengan cairan, tisu basah atau hand sanitizer. Sedangkan untuk teknis yang baik adalah mencakup menggosok jari-jari, bagian kuku sampai pergelangan tangan dengan menggunakan air yang mengalir dan sabun karena lebih efektif membunuh kuman pada tangan sekaligus memberikan bau harum.“Dengan cara yang benar bisa meminimalisir resiko terserang penyakit, karena tangan adalah salah satu anggota tubuh yang paling sering bersentuhan dengan berbagai macam benda,” imbuhnya. (Aan Pendim Brebes).    

Sharing is caring!