Koramil 04/Sokaraja bersama warga lakukan karya bakti pembersihan sungai

Koramil 04/Sokaraja bersama warga lakukan karya bakti pembersihan sungai

Sokaraja – Koramil 04/Sokaraja Kodim 0701/Banyumas bersama masyarakat Desa Karangrau bergotong-royong membersihkan rumput dan sampah yang sudah menumpuk di sepanjang sungai Rompang, Desa Karangrau Kec. Sokaraja Kab. Banyumas. Minggu (03/02/2019)

Hadir juga dalam karya bakti Camat Sokaraja Drs Purjito, Polsek Sokaraja, Kepala UPTD DPU Wilayah Sokaraja, Kepala PPL Kec. Kalibagor, Kades Sokaraja Kidul dan perwakilan Poktan masing-masing desa wilayah Kec. Sokaraja dan Kec. Kalibagor.

Komandan Kodim 0701/Banyumas Letkol Inf Wahyu Ramadhanus Suryawan, S. Sos., M.M.S. melalui Danramil 04/Sokaraja Kapten Inf Untung NA  mengatakan bahwa karya bakti ini merupakan bagian dari upaya yang dilakukan untuk membantu masyarakat membersihkan saluran air agar bersih dari sampah dan kotoran. “Hari ini kita kerahkan semua anggota Koramil untuk membantu warga membersihkan sungai dalam rangka normalisasi saluran sungai rompang sebagai saluran irigasi pertanian”, ujar Danramil.

Selain itu Kapten Inf Untung juga menjelaskan manfaat dari saluran irigasi yang bersih dari sampah-sampah akan memperlancar arus air, dan kelancaran sarana ini menjadi salah satu sarana pendukung ketahanan pangan.

Irigasi merupakan upaya yang dilakukan manusia untuk mengairi lahan pertanian. Dalam dunia modern, saat ini sudah banyak model irigasi yang dapat dilakukan manusia. Pada zaman dahulu, jika persediaan air melimpah karena tempat yang dekat dengan sungai atau sumber mata air, maka irigasi dilakukan dengan mengalirkan air tersebut ke lahan pertanian. (Koramil 04/Sokaraja)

Sharing is caring!