Cegah Penyebaran Covid-19, Ini Yang Dilakukan Koramil Jajaran Kodim Cilacap Diwilayahnya

Cilacap – Menindaklanjuti hasil Rakor dalam rangka pencegahan penyebaran virus corona, Koramil Jajaran Kodim 0703/Cilacap bersama Forkopimcam dan unsur pemerintahan desa, melaksanakan kegiatan patroli keliling memberikan himbauan kepada warga masyarakat untuk mengurangi kegiatan dengan tetap berada di rumah dan mengurangi kegiatan yang mengundang kerumunan massa yang ada di wilayahnya, Rabu (25/3/20).

Himbauan tersebut disampaikan juga agar masyarakat tidak panik dengan adanya Virus Corona namun demikian himbauan sekaligus penekanan ini mengharapkan agar tetap waspada dengan melakukan pencegahan diantaranya dengan selalu mencuci tangan dengan hand sanitizer, rajin berolah raga, menerapkan pola hidup bersih, hindari kontak langsung dengan orang lain serta hindari kegiatan atau tempat kerumunan massa.

Hal tersebut dilakukan sebagai upaya untuk menekan penyebaran virus Corona agar tidak semakin meluas dengan cepat. Dihimbau juga agar masyarakat berbelanja seperlunya saja, tidak terlalu lama di dalam pasar, segera kembali ke rumah dan membersihkan diri sebelum bercengkerama dengan keluarga. Selain itu juga kepada warga yang telah mendapatkan ijin untuk menggelar hajatan agar ditunda dan bagi warga yang mengalami gangguan kesehatan seperti badan terasa panas, batuk dan pilek agar segera memeriksakan diri ke Puskesmas terdekat.

Selain menyampaikan himbauan, anggota Koramil Jajaran Kodim Cilacap bersama instansi lain juga terus mensosialisasikan tentang tata cara mencuci tangan yang benar sesuai standar WHO dan melakukan penyemprotan disinfektan ke sejumlah tempat seperti perkantoran, pasar maupun tempat-tempat ibadah serta masjid, gereha dan tempat ibadah lainnya.

” Himbauan dan kegiatan penyemprotan disinfektan ini kita lakukan dalam rangka mengantisipasi dan pencegahan penyebaran Virus Corona, serta meredam kepanikan di masyarakat. Kita juga terus mensosialisasikan kepada warga agar menyediakan air dan sabun di depan rumah maupun di depan toko tempat usahanya. Upaya ini tidak lain agar mata rantai penyebaran Covid-19 bisa kita hentikan, ” ujar Kapten Inf Marjono, salah satu Danramil Jajaran Kodim Cilacap.

Dalam kegiatan tersebut, selain melibatkan unsur Forkopincam yang ada di wilayah Kabupaten Cilacap juga melibatkan seluruh Babinsa, Bhabinkamtibmas, anggota Linmas dan para perangkat desa sehingga kegiatan ini bisa menjamah hingga ke pelosok desa dan menyasar masyarakat secara keseluruhan hingga mereka tahu akan bahayanya virus yang menghebohkan masyarakat dunia ini.

Sharing is caring!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *