DIKSAR SAKA WIRA KARTIKA KODIM 0701/BANYUMAS

Banyumas – Pada hari Jumat tanggal 14 Februari 2020 pukul 14.00 Wib bertempat di Aula Makodim 0701/Banyumas telah dilaksanakan Upacara pembukaan Diksar Saka Wira Kartika Kodim 0701/Banyumas Tahun 2020 dengan jumlah peserta Diksar 51 anggota pramuka, pendukung 12 orang dan penyelenggara sebanyak 21 orang.

Kegiatan ini akan berlangsung hingga hari Minggu tanggal 16 Februari 2020. Dihadiri juga oleh Para Mabigus Pangkalan. Bertindak sebagai Pembina Upacara Pasiter Kodim 0701/Banyumas Kapten Inf P Putut Widodo.

Dalam sambutan Dandim 0701/Banyumas Letkol Inf Candra, S.E., M.I.Pol. yang disampaikan Pasiter Kapten Inf P Putut Widodo menyampaikan bahwa tujuan diadakannya pendidikan dasar ini adalah untuk memberikan bekal agar calon anggota satuan saka wira kartika Kodim 0701/Banyumas memiliki sika kedisiplinan, tanggung jawab dan budi pekerti luhur.

Gerakan pramuka sebagai organisasi kepanduan memiliki andil dalam membangun tunas-tunas muda yang memiliki watak, keribadian, karakter dan jati diri bangsa yang kukuh. Mewujudkan bangsa yang berkarakter dan bermartabat memang harus dimulai sejak dini. Gerakan pramuka dapat menjadi wadah untuk membangun karakter bangsa yang luhur dan mulia.

“Sejarah mencatat bangsa kita dapat berdiri tegak, lepas dari belenggu penjajahan karena bangsa kita memiliki karakter pejuang yang rela mengorbankan jiwa dan raganya bagi tegaknya Negara Kesatuan Republik Indonesia. Bangsa kita yang majemuk dan multikultural dapat semakin rukun dan bersatu karena kita memiliki karakter dan jati diri bangsa berdasarkan Pancasila serta Seloka Bhinneka tunggal Ika, “ lanjut Pasiter.

“Kepada seluruh peserta, saya berharap agar kegiatan ini betul-betul dilaksanakan dengan baik, guna memantapkan tekad kaum muda sebagai patriot pembangunan, karena tantangan yang akan kita hadapi kedepan adalah tanggung jawab kita bersama, untuk membangun dan mempertahankan negara ini,” jelas Pasiter.

Lebih lanjut disampaikan, bahwa Gerakan Pramuka mempunyai peranan yang sangat penting dalam pembinaan generasi muda untuk menjadi kader penerus cita-cita yang berjiwa Pancasila serta untuk meningkatkan wawasan kebangsaan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, kegiatan Perkemahan Saka Wira Kartika ini juga untuk mendorong pembangunan masyarakat khususnya generasi muda yang berkualitas dan memiliki ketahanan yang tangguh dalam menghadapi permasalahan/persoalan bangsa. (Kodim 0701/Banyumas)

Sharing is caring!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *