Keseruan Lomba Kayuh Balap Becak Pada Festival Jenderal Soedirman Tahun 2020

Purbalingga. Dalam memeriahkan Festival Jenderal Soedirman di tahun 2020 Pemerintah Kabupaten Purbalingga melalui Kodim 0702/Purbalingga mengadakan Lomba Kayuh balap becak pada Selasa (28/1/2020) pagi.

Kegiatan ini pun meriah karena mendapat perhatian masyarakat yang rindu dan berebut tempat untuk menyaksikan balapan becak tersebut.

Sebanyak 200 dari berbagai kategori umur peserta pengayuh lomba balap becak utusan dari perwakilan Paguyuban di Seluruh Kabupaten Purbalingga menunjukan ketangkasan mengayuh becak di lintasan lomba di seputaran Alun-alun Purbalingga.

Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi S.E., B.Ecan., M.M, mengatakan lomba kayuh becak ini dilaksanakan utamanya untuk mempererat tali silaturahmi antar tukang becak bersamaan dengan momen Festival Jenderal Soedirman Tahun 2020.

Kemudian bagian dari bentuk upaya Pemkab Purbalingga dalam melestarikan kearifan lokal budaya daerah mempertahankan keberadaan transportasi becak yang dimiliki masyarakat Purbalingga turun temurun sejak dahulu yang ramah lingkungan.

Sementar pada kesempatan yang sama Dandim 0702/Purbalingga Sekaligus sebagai penanggungjawab umum kegiatan Festival Jenderal Soedirman mengatakan di depan awak media,
Lomba becak didasarkan pada pertimbangan historis alat transportasi tradisional tersebut. Becak ini khas
Purbalingga sebagai alat transprortasi rakyat yang perlu dilestarikan, salah satu caranya menurut kami ya semacam lomba ini,” ujar Dandim
0702/Purbalingga di sela sela kegiatan tersebut.

Pantauan di arena lomba, pemandangan yang cukup lucu pun terlihat saat peserta berusaha beradu cepat berpacu merebut juara di lintasan yang berjarak kurang lebih 600 meter. Para peserta yang tampak tak biasa mengendalikan becak pun terlihat kesulitan mengayuh untuk saling mendahului becak-becak pesaing.

Terlihat Gelak tawa pecah tak terelakkan muncul dari jajara Forkompimda dan ratusan warga di sepanjang lintasan saat menyaksikan balappan itu.

Dalam lomba balap becak ini juga di adakan pemberian sembako sebagai rasa tali kasih pemerintah Kabupaten Purbalingga kepada para peserta lomba.

Berhasil menduduki juara tercepat pada lomba balap becak Kategori 1 yang pertama Sukarso Dirin, Suhardi, Slamet Surianto, Juara I mendapatkan uang pembinaan Rp 500.000, Juara II Rp 300.000 dan Juara III Rp 200.000. ( Pendim 0702/Pbg)

Sharing is caring!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *