Semarak Hari Juang TNI AD Kodim 0702 Purbalingga Dengan Menggelar Donor Darah

Purbalingga. Semarak Hari Juang TNI AD, Kodim 0702 Purbalingga menggandeng PMI Kab. Purbalingga menggelar kegiatan donor darah yang dipusatkan di Gor Cokro Sunaryo Makodim. (3/11).

Adapun, peserta yang ikut berpartisipasi donor darah terdiri dari anggota Kodim, Polres Purbalingga, Insatani Pemerintahan, Organisasi kemasyarakatan dan sebagaian Masyarakat diwilayah Purbalingga yang hadir didampingi Babinsa di wilayah masing masing.

Pada Kesempatan Tersebut Dandim 0702/Purbalingga mengatakan, Sudah jelas jika tujuan dari mendonorkan darah untuk menyelamatkan nyawa orang lain. Darah yang telah didonorkan bisa diberikan pada orang yang membutuhkan pertolongan seperti korban kecelakaan, pengidap kanker atau kelainan darah, bayi baru lahir dengan kondisi medis tertentu, dan orang yang menjalani operasi besar.

” Dengan kamu mendonorkan darah bisa membantu memperlancar aliran darah hingga menghindari penyumbatan arteri. Ada penelitian yang mengatakan jika rutin mendonorkan darah bisa menurunkan risiko terkena serangan jantung sampai 88%. Serta membuat tubuh kamu jarang terkena sakit dan terhindar dari kanker, stroke, dan serangan jantung. Dengan rutin melakukan donor darah membuat kadar zat besi dalam darah menjadi normal.”

Manfaat donor sendiri dapat meningkatkan produksi sel darah merah. Karena saat melakukan donor, sel darah merah akan berkurang. Sumsum tulang belakang pun akan segera memproduksi sel darah merah baru untuk menggantikan yang hilang. Dengan rutin melakukan donor darah menjadikan tubuh kamu menstimulasi pembentukan darah baru yang segar. tuturnya.

Melakukan donor darah bukan hanya bermanfaat bagi kesehatan fisik, tapi batin kamu juga bisa menerima manfaatnya. Ada penelitian yang mengatakan berbuat baik bisa membuat kamu hidup lebih lama. Umur orang yang suka menolong dan tidak mementingkan diri sendiri akan bertambah empat tahun. Pungkas Dandim. (Pendim 0702/Pbg)

Sharing is caring!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *