Peran Aktif Babinsa Dalam Setiap Kegiatan di Desa Binaannya

Cilacap – Sebagai seorang Babinsa, Koptu Andi Kusmanto selalu berperan aktif dalam setiap kegiatan di desa binaannya yaitu Desa Mentasan Kecamatan Kawunganten.

Hal itu dibuktikan saat dirinya mendampingi Panitia Pengawas Kecamatan Kawunganten (Panwascam) melaksanakan penelitian berkas tahap 1 persyaratan balon perangkat Desa Mentasan formasi jabatan Kaur Umum dan perencanaan serta jabatan Kepala Dusun, Senin (02/12).

“Sebagai Babinsa, saya harus tahu betul para bakal calon yang akan mengikuti seleksi. Karena setelah lulus dan terpilih serta dilantik menjadi perangkat desa, mereka semua adalah mitra kita dalam bekerja”, kata Koptu Andi Kusmanto di sela-sela kegiatannya.

Dia berharap, dari 17 bakal calon yang diajukan untuk mengisi jabatan Kaur Umum dan Perencanaan serta 6 bakal calon untuk jabatan Kepala Dusun, dapat segera melengkapi persyaratannya sehingga dapat melanjutkan tahap berikutnya.

Sementara itu dalam sambutannya baik Ketua Panitia penyaringan dan penjaringan perangkat desa Mentasan Mukidi, S.Pd, SD maupun Ketua Panwascam yang di wakili Sekcam Kawunganten Wawan Mardiono S. STP. M.Si sama-sama menegaskan bahwa panitia harus siap Netral dan wajib Netral serta harus bekerja sesuai aturan.

“Panitia harus netral dan harus bekerja sesuai Perda sebagai dasar sehingga nantinya bisa dipertangungjawabkan apabila timbul permasalahan di kemudian hari”, tegas Wawan Mardiono

Disamping itu dirinya juga meminta kepada panitia untuk mengecek seteliti mungkin berkas persyaratan yang sudah masuk, dan setelah itu di buatkan tanda terima sebagai bukti. Hal itu dilakukan agar proses penjaringan perangkat desa ini dapat berjalan dengan aman dan lancar.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Tim Panwascam Kawunganten yang di pimpin Sekretaris Kecamatan Kawunganten Wawan Mardiono S. STP. M.Si, Perangkat Desa Mentasan yang diwakili Sekretaris Desa Banu Prabawanto, S.Pd.,SD dan diikuti oleh 23 bakal calon perangkat desa. Pendim Clp.

Sharing is caring!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *