Warga Karangpucung Krisis Air, Babinsa Salurkan Air Bersih

Cilacap-Untuk mengatasi krisis air bersih akibat kekeringan, Babinsa Koramil 15/Karangpucung, Kodim 0703/Cilacap, Sertu Suratno dan Sertu Moch. Ali Muchtar secara intensif melakukan penyaluran air bersih untuk memenuhi kebutuhan air masyarakat setempat, Senin (12/8).

Akibat musim kemarau panjang telah memicu kekeringan yang berdampak pada krisis air bersih di beberapa desa di wilayah Kecamatan Karangpucung. Kekeringan terparah terjadi di Desa Tayem Timur dan Karangpucung.

Untuk mengatasi hal tersebut, sejumlah 2 tanki air bersih berkapasitas 5000 liter dari BPBD Majenang disalurkan kepada 154 KK di Dusun Cukangawi RW 03 Desa Tayem Timur Kecamatan Karangpucung. Warga yang sudah mendapatkan informasi tentang adanya bantuan air bersih segera mengumpulkan wadah-wadah penampungan air.

Sertu Suratno pada kesempatan tersebut menuturkan bahwa penyaluran bantuan air bersih dilakukan untuk meringankan kesulitan warga yang terdampak kekeringan sehingga akan meringankan beban warga dengan mendapatkan air bersih guna memenuhi kebutuhan sehari-hari.

“Semoga saja dengan adanya bantuan air bersih ini, warga tidak perlu lagi jauh-jauh mencari air. Air bersih ini dapat digunakan untuk mandi dan mencuci serta kebutuhan rumah tangga lainya, “tuturnya.

Lebih lanjut, Sertu Suratno juga menyampaikan bahwa Babinsa akan terus berkoordinasi dengan unsur terkait untuk berupaya mendatangkan bantuan air bersih hingga datang musim penghujan. “Jadi masyarakat tidak perlu khawatir, selama masih kemarau kami akan terus berupaya mendatangkan bantuan air bersih ini, agar warga tidak kekurangan air, “tegasnya.

Komyati (30), salah satu warga Desa Tayem Timur sangat berterimakasih kepada Babinsa dan BNPB Kabupaten Cilacap yang sudah sangat memperhatikan warga yang semakin sulit mendapatkan air bersih.

“Kami sangat berterimakasih kepada bapak Babinsa dan BPBD sudah memberikan kami bantuan air bersih ini. Ini sangat bermanfaat bagi kami, mengingat kami semakin sulit mendapatkan air bersih. Bahkan sungai yang biasa kami ambil airnya juga sudah semakin mengering” ucapnya.

Sementara itu, Sertu Suratno bersama petugas BNPB Kabupaten Cilacap mengatakan akan menjadwalkan penyaluran bantuan air bersih untuk wilayah Kecamatan Karangpucung. Hal ini dilakukan agar bantuan air bersih lebih merata untuk seluruh masyarakat di wilayah Kecamatan Karangpucung yang mengalami kekeringan.

“Kami menghimbau kepada warga agar lebih hemat dan efisien dalam penggunaan air untuk kebutuhan sehari-hari, ” kata Sertu Suratno. Pendim Clp.

Sharing is caring!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *