Sukseskan Swasembada Pangan, Babinsa Slarang Dampingi Petani Panen Padi

Cilacap – Dalam rangka mensukseskan program nasional Upaya Khusus (Upsus) swasembada pangan padi, jagung dan kedelai (Pajale), Bintara Pembina Desa (Babinsa) Desa Slarang Koramil 06/Kesugihan, Kodim 0703/Cilacap, Sertu Kusmindar intensif melaksanakan kegiatan pendampingan terhadap Kelompok Tani (Poktan) Sri Rahayu II yang tengah melakukan panen padi jenis varietas IR 64 seluas 3 Ha di area pesawahan Desa Slarang Kecamatan Kesugihan Kabupaten Cilacap, Senin (15/7/19).

Suasana kegembiraan tampak menyelimuti raut wajah mereka, para petani memanen padi dengan penuh semangat dengan diiringi obrolan dan canda tawa, mengiringi aktifitas Babinsa Sertu Kusmindar dan kelompok tani Sri Rahayu II Desa Slarang Kecamatan Kesugihan.

“Saya merasa sangat senang bisa mendampingi petani memanen padi walaupun di tengah terik matahari dan rasa gatal-gatal di badan, karena tugas saya sadar bahwa sebagai Babinsa harus selalu siap sedia membantu warga, apalagi dalam kegiatan panen padi sebagai usaha mensukseskan program pemerintah dalam rangka swasembada pangan” ucap Sertu Kusmindar.

Komandan Koramil 06/Kesugihan Kapten Inf Sueb di tempat terpisah membenarkan bahwa dalam mensukseskan program swasembada pangan nasional, TNI Angkatan Darat memerintahkan Babinsanya supaya selalu terjun kelapangan mendampingi petani dan selalu berkordinasi dengan PPL dalam menjalankan tugasnya, sehingga program Upsus pajale dapat berjalan dengan lancar dan berhasil.

Sementara itu, Ketua Poktan Sri Rahayu Desa Slarang Darsono mengatakan, masyarakat petani sangat senang dengan adanya Babinsa yang terjun langsung kesawah melaksanakan pendampingan serta membantu para petani dengan selalu memberikan penyuluhan dan bimbingan dalam bertani.

“Dengan adanya pendampingan dari Babinsa bersama PPL hasil panen kali ini lumayan bagus walaupun kekurangan air karna kemarau, sehingga dengan demikian diharapkan kesejahteraan para petani dapat meningkat, kami juga merasa senang dan bangga karna didampingi TNI dalam bertani” ujar Darsono.

Dirinya berharap, pendampingan tersebut bisa terus dilakukan oleh Babinsa, sehingga para petani bisa menciptakan swasembada pangan, dan warga masyarakat akan lebih makmur dan sejahtera. Pendim Clp.

Sharing is caring!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *