Dandim Batang berikan wasbang kepada peserta didik baru di SMP N 1 Batang

Batang – Menanamkan semangat kebangsaan pada pelajar di hari pertama masuk sekolah setelah masa libur panjang. Dandim 0736/Batang, Letkol Kav Henry RJ Napitupulu berikan materi wawasan kebangsaan kepada murid dan peserta didik Baru SMP N 1 Batang, bertempat di aula Sekolah, Jl Jenderal Sudirman no. 274, Batang. Senin ( 15/7 ).

Dalam materi yang disampaikan Dandim menjelaskan,” 4 Konsensus Dasar Bangsa yaitu Pancasila, Bhinneka Tunggal Ika, NKRI dan UUD 1945 serta 3 Unsur pokok Wawasan Kebangsaan yaitu Rasa kebangsaan, Paham kebangsaan dan Semangat kebangsaan.

” Jangan ada yang suka melawan guru, Kita harus tunjukan rasa hormat kepada guru pendidik. Guru adalah pahlawan tanpa tanda jasa.”

Rajinlah beribadah, serta belajar yang tekun agar cita – cita tercapai, tiada hari tanpa belajar,” ucap Dandim.

Dengan harapan, kita tetap menjaga kebersamaan, tidak mudah tercerai-berai, tidak rapuh serta tetap semangat sehingga ke depan kita memiliki ketangguhan dalam menghadapai berbagai tantangan jaman. Apalagi para pelajar ini merupakan generasi yang akan melanjutkan estafet kepemimpinan bangsa ini ke depan. 

” Menurut Dandim 0736 Batang, pemberian materi wawasan kebangsaan dan bela negara ini sangatlah penting untuk generasi muda di sekolah – sekolah khususnya yang masih duduk dibangku SMP, seperti di SMP N 1 Batang ini. Dengan maksud agar dapat menanamkan rasa disiplin, mempunyai kepribadian yang baik, mandiri dan juga merupakan wadah untuk menyiapkan generasi penerus bangsa yang cinta tanah air dilandasi dengan Bhineka Tunggal Ika,” ungkapnya.

Letkol Kav Napitupulu menambahkan bahwa pengetahuan Wawasan Kebangsaan kepada siswa – siswi yang ada di sekolah dirasa sangat bagus, positif dan penting, menurutnya kegiatan tersebut harus terus berjalan agar generasi penerus bisa menghargai jasa para pahlawan yang telah berjuang merebut Kemerdekaan Bangsa Indonesia.

Hadir pada kegiatan wasbang Komandan Kodim 0736 /Batang, Kapten CPM Joko w ( Pasi Intel Dim Batang ), Kapten Inf Noor Rofik ( Pasi OPS Dim Batang ) beserta anggota, Kepala sekolah SMP N 1 Bapak Ahmad Suroso beserta guru wali kelas, Siwa – siswi SMP N 1 Batang serta siswa – siswi yang sedang dalam masa orientasi.( Pen – 0736 )

Sharing is caring!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *